Tahun Ini Indonesia Tak Perlu Impor Beras, Buwas: Gudang Bulog Penuh

Tahun Ini Indonesia Tak Perlu Impor Beras, Buwas: Gudang Bulog Penuh

  • Posted by: admin

ilustrasi foto

MINEWS, JAKARTA-Tahun ini pemerintah Indonesia sudah tidak perlu lagi melakukan impor beras dari luar negeri. Pasalnya, saat ini stok beras di gudang Bulog masih melimpah. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) di ditemui di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat 19 Juli 2019.

Menurutnya hal itu bisa dilakukan asalkan cuaca dalam kondisi yang baik. Bahkan, kata jendral bintang tiga ini, meskipun Bulog menggenjot penyaluran beras untuk program bantuan pangan non tunai (BPNT), stok di gudang Bulog masih mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat.

Bila Indonesia tak impor, lanjut Buwas, pihaknya bisa maksimal menyerap beras petani. Harapannya, stok beras aman namun harga beras di tingkat petani tidak anjlok lantaran bisa diserap penuh oleh Bulog sesuai dengan harga beli yang sudah ditetapkan pemerintah.

Saat ini stok beras di gudang beras sudah mencapai 2,4 juta ton dan itu masih bisa bertambah karena masih menyerap terus. Melimpahnya stok beras di gudang Bulog salah satunya dipicu oleh minimnya program penyaluran beras pemerintah yang melibatkan Bulog.

Kondisi ini yang membuat Buwas sempat berang dan mendesak agar penyaluran beras bantuan pemerintah yakni bantuan pangan non tunai (BPNT) bisa dipercayakan ke Bulog, bukan swasta.

Sejauh ini, kata dia, meski saat ini program BPNT sudah 100 persen dikelola Bulog, namun hal itu belum bisa dirasakan dampaknya dalam memperlancar penyaluran beras Bulog.

Sumber : https://minews.id/tahun-ini-indonesia-tak-perlu-impor-beras-buwas-gudang-bulog-penuh/

Author: admin

Leave a Reply