Surplus Beras 24 Ribu Ton, Badan Ketahanan Pangan Sebut Stok Beras Tanjabtim Aman Sampai Idul Adha

Surplus Beras 24 Ribu Ton, Badan Ketahanan Pangan Sebut Stok Beras Tanjabtim Aman Sampai Idul Adha

  • Posted by: admin

Suasana pasar di Tanjab Timur. Pihak Dinas Ketahanan Pangan Tanjabtim perkirakan Idul Fitri ini stok beras aman bahkan hingga Idul Adha

Surplus Beras Hingga 24 Ribu Ton, Badan Ketahanan Pangan Sebut Stok Beras di Tanjabtim Aman Sampai Idul Adha

TRIBUNJAMBI.COM – Menghadapi hari raya Idul Fitri hingga Idul adha mendatang, Dinas Ketahanan Pangan Tanjung Jabung Timur menyebutkan stok beras terbilang aman.

Beras merupakan bahan pokok utama bagi masyarakat tidak dipungkiri melonjaknya harga beras dan kekosongan stok pada hari hari besar tentu akan menjadi permasalahan tersendiri bagi masyarakat.

Pada bulan puasa Ramadhan 1440 H ini, pemerintah Tanjab Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan memprediksi untuk stok beras saat ini hingga hari raya Idul Adha nanti akan mencukupi dan terpenuhi.

Bahkan menurut Dinas Ketahanan Pangan, Tanjabtim diperkirakan surplus beras hingga 24 ribu ton mengingat produksi mencapai 42 ribu ton, sementara kebutuhan hanya 18 ribu ton.

“Untuk stok beras Kabupaten Tanjung Jabung Timur tercukupi bahkan Surplus. Pasokan beras kita berlebih karena produksi kita selama setahun kurang lebih 42.000 ton sedangkan kebutuhan konsumsi masyarakat Kabupaten Tanjab Timur hanya sekitar 18.000 ton, dengan jumlah penduduk sebanyak 216.777 jiwa ” ujar Kadis Ketahanan Pangan Tanjab Timur Idris.

“Sehingga kita masih surplus 24.000 ton. Bahkan kita sudah mengirim ke daerah luar seperti pada Kabupaten sekitar wilayah Tanjab Timur bahkan kita juga memasok pada Provinsi Kepulauan Riau dan Batam, Kota Jambi dan juga masyarakat sekitar.” katanya.

“ Untuk stok beras alhamdulillah kita mencukupi bahkan mungkin bisa lebih, dan kita sebenarnya ekspor bukan impor,” jelasnya.

Sementara untuk konsumsi daging pada bulan puasa ini relatif stabil bahkan cenderung menurun.

Akan tetapi hal tersebut akan berubah pada saat mendekati hari raya Idul Fitri diprediksi akan meningkat sebanyak 15 persen.

Sumber: http://jambi.tribunnews.com/2019/05/12/surplus-beras-24-ribu-ton-badan-ketahanan-pangan-sebut-stok-beras-tanjabtim-aman-sampai-idul-adha

Author: admin

Leave a Reply