Stok Padi Melimpah, Produksi Beras Kurang

Stok Padi Melimpah, Produksi Beras Kurang

  • Posted by: admin

Ilustrasi

CIPEDES – Kota Tasikmalaya masih memiliki stok padi sebanyak 600.000 ton hasil panen periode Januari-Agustus 2019 dari lahan seluas 9.600 hektare. Namun untuk produksi beras masih di angka 49.032 ton per tahun, belum memenuhi kebutuhan beras 57.121 ton per tahun.

“Kami pastikan aman karena sampai saat ini Kota Tasik ini memiliki 600.000 ton,” ujar Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Tasikmalaya H Iwan Kurniawan kepada Radar, Senin (16/9).

Iwan mengakui musim kemarau memang membuat lahan sawah di 10 kecamatan mengalami kerusakan. Seluas 25 hektare rusak ringan, 38 hektare rusak sedang, 46 hektare rusak berat dan 184 hektare puso. “Total yang terdampak dari bencana kekeringan ini seluas 293 hektare dan waspada 283 hektare tanaman padi,” kata dia.

Pihaknya saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan tanaman padi melalui penyuluh pertanian. “Antisipasi yang dilaksanakan seperti melakukan penyedotan air dan lainnya,” ujar dia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Ir H Abu Mansyur MSi mengatakan, kebutuhan beras di Kota Tasikmalaya dalam satu tahun mencapai 57.121 ton. Kebutuhan tersebut belum tercukupi oleh produksi beras di Kota Resik yang hanya 49.032 ton dalam satu tahun. “Jadi memang sebetulnya masih dikirim dari kota dan kabupaten lain,” tutur dia.

Saat ini, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk menghentikan ketergantungan kepada daerah lainnya. “Untuk persiapan kami akan berkoordinasi dengan pihak Bulog,” tandasnya. (ujg)

Sumber : https://www.radartasikmalaya.com/stok-padi-melimpah-produksi-beras-kurang/

Author: admin

Leave a Reply