Stok Menipis, Waspadai Lonjakan Harga Beras di Kulon Progo

  • Posted by: admin

Ilustrasi

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO – Masa panen padi di Kulon Progo diperkirakan bakal mundur akibat kemarau panjang. Pemerintah diminta untuk mewaspadai lonjakan harga beras pada beberapa bulan ke depan.

Anggota Persatuan Penggilingan Padi Indonesia (Perpadi) Kulon Progo, Yuliyantoro mengatakan musim panen yang seharusnya jatuh pada Desenmber dipastikan bakal mundur sebagai dampak kemarau panjang tahun ini dan telatnya musim tanam yang ditempuh petani akibat kerusahan saluran irigasi Talang Bowong.

Stok beras diprediksi bakal menipis yang bisa berimbas pada melonjaknya harga di pasaran.

“Dinas Pertanian dan Pangan perlu mewaspadai lonjakan harga beras karena masa paceklik ini,” kata Yuliyantoro pada Tribunjogja.com, Jumat (23/11/2018).

Dia menilai perlu ada koordinasi intensif antar dinas dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk mengantisipasi ketersediaan pangan dan harga beras di pasar-pasar rakyat.

Selain itu, perlu pula pemetaan daerah rawan pangan dan bila diperlukan harus digelar operasi pasar sesuai potensi kerawanannya.

Namun begitu, lanjut Yuliyantoro, masalah harga tidak terlalu mengkhawatirkan dengan adanya operais pasar tersebut.

Harga beras dan ketersediaan di pasar juga terjadi persaingan sempurna dan dikendalikan oleh Bulog.

“Stok yang dimiliki pemerintah pusat juga melimpah walau harus, menempuh cara yang tidak diinginkan seperti impor beras,”kata dia.

Meski tak menyebut rinci, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Bambang Tri Budi mengakui tingkat produksi beras di wilayahnya pada tahun ini anjlok.

Hal itu disebabkan berbagai faktor seperti kerusakan jaringan irigasi Kalibawang hingga terendamnya tanaman padi sehingga puso dan produktivitasnya menurun.

Ribuan hektare sawah di Naggulan, Kalibawang, dan Sentolo mundur tanam karena rusaknya jalur irigasi Kalibawang.

Pihaknya saat ini masih menghitung tingkat penurunan produksi beras tersebut. (*)

Sumber: http://jogja.tribunnews.com/2018/11/23/stok-menipis-waspadai-lonjakan-harga-beras-di-kulon-progo

Author: admin

Leave a Reply