Stok beras untuk PON 2020 aman

Stok beras untuk PON 2020 aman

  • Posted by: admin

Panen padi di Kabupaten Merauke – Jubi/Ans.

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Semuel Siriwa menegaskan ketersediaan beras untuk menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua masih aman.

Namun dirinya masih melakukan koordinasi dengan OPD terkait untuk masalah transpotasi pengangkutan. Hal ini ditegaskan Siriwa kepada wartawan, Rabu (21/8/2019) di Jayapura.

Kata Siriwa, merupakan pekerjaan rumah yang cukup besar untuk menyiapkan pangan bagi 23 ribuan atlet dan official.

“Kami sudah menyiapkan program dari dana APBN pada seluruh klaster untuk pengembangan holtikultura pada beberapa jenis pangan seperti buah-buahan dan sayuran. Untuk peternakan, saya belum dapat data, yang pasti kalau untuk beras tidak ada masalah, sebab stok dari Kabupaten Merauke tersedia,” katanya.

Terkait penunjukkan dirinya yang membawahi empat dinas, yaitu tanaman pangan holtikultura, perkebunan, peternakan dan ketahanan pangan, Siriwa memastikan siap melakukan penyesuaian sebagaimana visi dan misi gubernur di periode kedua.

“Apalagi dengan penggabungan dinas ini koordinasi terhadap petani kini terjadi lewat satu pintu dan tentu akan lebih mudah. Selain itu, akan lebih mudah bagi saya untuk mengontrol dan mengarahkan petani dalam pelaksanakan kegiatan,” ujarnya.

Sebelumnya Pelaksana tugas (Plt). Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Provinsi Papua Alexander Kapisa mengatakan, pihaknya bisa berkomunikasi dengan semua stakeholder, tentu ada koordinasi dan kerjasama untuk saling bahu membahu dalam konteks penyelenggaran PON di Papua, baik dari segi persiapan maupun sampai dengan pelaksanaan.

“Dalam sisi manajemen, berarti cakupannya sangat luas karena kami harus me-manage (mengelola) semua. Tentunya Disorda sebagai driving force (penggerak) bagi iven ini harus bisa menata dan me-manage semua,” ujarnya.

Dikatakan, berbicara masalah PON bukan hanya menyediakan infrastruktur dan atlet, tetapi juga menyiapkan penginapan, transportasi, pariwisata, dan juga ketersediaan makanan yang bergizi bagi para atlet dan juga official. (*)

Sumber : https://www.jubi.co.id/stok-beras-untuk-pon-2020-aman/

Author: admin

Leave a Reply