Stok Beras di PPU Tahun Ini Surplus, Cukup Penuhi Kebutuhan Hingga 8 Bulan ke Depan

Stok Beras di PPU Tahun Ini Surplus, Cukup Penuhi Kebutuhan Hingga 8 Bulan ke Depan

  • Posted by: admin

TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI Salah satu lahan persawahan di Kecamatan Waru Kabupaten PPU. Stok beras di PPU mencukupi untuk kebutuhan 8 bulan ke depan.

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM– Ketersediaan beras di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) saat ini masih berada di angka 11.549 ton. Stok tersebut dinilai masih cukup untuk ketersediaan hingga akhir tahun 2020 ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan PPU, Surito Widarie kepada awak media, Kamis (18/6/2020).

Surito mengungkapkan, kebutuhan beras rata-rata warga PPU dalam sebulan mencapai 1.299 ton sehingga jika diakumulasi dalam satu tahun, maka kebutuhan beras di PPU sebanyak 17.000 ton.

Dengan ketersediaan yang ada, dia memperkirakan stok tersebut dapat mencukupi kebutuhan masyarakat hingga delapan bulan ke depan.

“Warga tidak perlu khawatir atau panik untuk stok beras di PPU, apalagi kebutuhan cukup untuk delapan bulan ke depan, artinya sebelum habis, kita sudah masuk periode panen berikutnya, sehingga ada lagi pasokan tambahan dari dalam daerah dan akan menjadi tambahan stok untuk 2021 nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ketersediaan beras sekitar 11.549 ton tersebut merupakan pasokan dari luar daerah sebanyak 237 ton, sedangkan untuk pasokan dari dalam daerah mencapai 11.312 ton.

“Kalau yang dari luar daerah seperti dari Sulawesi dan Jawa,” ucapnya.

Surito juga memaparkan, ketersediaan stok beras di PPU sebenarnya selalu dalam kondisi surplus tiap tahun.

Bahkan, pemerintah PPU juga mampu menyuplai beras ke luar PPU seperti ke Kabupaten Paser, Balikpapan, Samarinda hingga wilayah provinsi tetangga, yakni di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Luasan lahan produktivitas pertanaman di sekitar PPU ini sekitar 18.000 hingga 21.000 hektare produktivitas per tahunnya,” tuturnya. (*)

Sumber : https://kaltim.tribunnews.com/2020/06/18/stok-beras-di-ppu-tahun-ini-surplus-cukup-penuhi-kebutuhan-hingga-8-bulan-ke-depan

Author: admin

Leave a Reply