Sampai Akhir Tahun, Stok Beras di Ponorogo Dipastikan Aman

Sampai Akhir Tahun, Stok Beras di Ponorogo Dipastikan Aman

  • Posted by: admin

Ilustrasi Foto

PONOROGO – Ketersediaan kebutuhan beras di Kabupaten Ponorogo sampai hari Raya Idul Fitri dapat dipastikan aman. Bahkan, setidaknya sampai akhir tahun 2021 ini.

Menurut Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita menjelaskan, pihaknya memastikan pemenuhan ketersediaan beras aman menjelang Idul Fitri 1442 Hijriyah ini.

Seperti yang telah kita tinjau di Bulog Ponorogo, jika ketersediaan beras mencukupi sampai akhir tahun ini. Bahkan, juga mencakup wilayah Kabupaten Pacitan dan Magetan,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan pimpinan Cabang Bulog Ponorogo, Eko Yudi Miranto. Menurutnya, saat ini ketersediaan stok beras ada 18 ribu ton dari 5 gudang Bulog Ponorogo.

“Sehingga dengan adanya jumlah stok beras tersebut, dapat memenuhi tiga Kabupaten sampai akhir tahun nanti,” jelasnya saat dikonfirmasi, Senin (10/5/2021).

Dirinya menambahkan, pihaknya melakukan penyerapan beras dari para petani lokal. Baik melalui gabungan kelompok tani (gapoktan) maupun kelompok tani (poktan).

“Kita (Bulog Ponorogo) mampu menyerap beras kisaran 100 hingga 200 ton setiap harinya. Serta penyerapannya kita prioritaskan dari petani lokal,” imbuhnya.

Seperti diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 24 tahun 2020, ada empat patokan yang harus dipenuhi petani agar (beras) diserap oleh Bulog.

“Antara lain kualitas kadar air paling tinggi 14%, butir patah 20%, kadar menir paling tinggi 2% dan derajat sosoh paling sedikit 95%,” jlentrehnya.

Jika hal tersebut mampu dipenuhi, maka Bulog tentu akan menyerap beras dari para petani. Meski aturannya agak ketat, namun sampai sekarang tidak ada kendala berarti bagi para petani.

“Untuk itu kita meminta petani agar tetap menjaga kualitas dan mutu dari beras. Sehingga dapat dikonsumsi dengan baik oleh masyarakat,” tandasnya.

Sumber : https://suaraindonesia.co.id/news/peristiwa-daerah/6098de3805c8e/sampai-akhir-tahun-stok-beras-di-ponorogo-dipastikan-aman

Author: admin

Leave a Reply