Salurkan Beras Bansos, Bulog Harus Hati-Hati Jaga Stok Akhir Tahun

Salurkan Beras Bansos, Bulog Harus Hati-Hati Jaga Stok Akhir Tahun

  • Posted by: admin

Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik Budi Waseso melakukan konferensi pers soal penyaluran bantuan sosial beras Presiden di Kantor Pusat Bulog, Jakarta. Selasa, 23 Juni 2020. Tempo/Caesar Akbar

Budi Waseso atau akrab disapa Buwas menjelaskan bahwa pihaknya pun juga mempersiapkan ketersediaan stok beras, jika Kementerian Sosial menugaskan distribusi bansos tahap berikutnya kepada Bulog.

Buwas menyebutkan stok beras yang sudah disiapkan untuk program Bansos bahkan mencapai 900 ribu ton sampai Desember.

Menurut dia, program beras bansos ini dapat membuat stok beras di gudang Bulog tersalurkan, sehingga BUMN tersebut dapat meningkatkan penyerapan gabah petani, yang saat ini sudah mulai panen musim gadu.

“Gudang Bulog ini terbatas. Kalau tidak dikeluarkan, kita tidak bisa menyerap lagi. Hari ini begitu program jalan, kita sudah melakukan penyerapan di wilayah produksi padi, karena sudah mulai panen gadu,” kata Buwas.

Mantan Kepala Bareskrim Polri itu menjelaskan bahwa dengan adanya program bansos beras ini, tidak hanya masyarakat penerima bansos saja yang merasakan manfaatnya, namun juga para petani yang juga merupakan kelompok masyarakat terdampak Covid-19.

Hal itu karena beras yang dibeli Bulog berasal dari petani saat panen raya, sesuai amanah Inpres Nomor 5 Tahun 2015.

Ada pun saat ini stok beras yang dikelola Bulog di seluruh Indonesia mencapai 1,42 juta ton, terdiri dari cadangan beras pemerintah (CBP) sebesar 1,37 juta ton dan beras komersial 46.788 ton.

Sumber : https://bisnis.tempo.co/read/1382120/budi-waseso-bulog-salurkan-450-ribu-ton-beras-untuk-bansos-agustus-oktober/full&view=ok

Author: admin

Leave a Reply