Program Serasi Mampu Jadikan Pantai Lunci Swasembada Beras

Program Serasi Mampu Jadikan Pantai Lunci Swasembada Beras

  • Posted by: admin

This is custom heading element

SUKAMARA-Hasil pertanian di Kecamatan Pantai Lunci nampaknya cukup untuk setahun. Kecamatan setempat telah membuktikan keberhasilan mengembangkan usaha pertanian Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau Serasi, yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penen padi bersama yang digelar di Desa Sungai Pasir, beberapa waktu lalu.

Kabupaten Sukamara, mendapat kuota sebanyak 200 hektare (Ha) lahan pertanian dari Pemerintah Pusat, tepatnya di Desa Sungai Pasir. “Alhamdulillah dengan program Serasi ini, masyarakat khususnya Kecamatan Pantai Lunci rata-rata bertanam padi, dan rata-rata berhasil memanen padi mereka,” ujar Camat Pantai Lunci M Yunus belum lama ini.

Camat menjelaskan, dengan jumlah luasan total 200 hektare lahan pertanian tersebut jika seluruhnya bisa dipanen, maka sudah bisa memenuhi kebutuhan beras di Kecamatan Pantai Lunci tahun 2020.

“Dengan hasil panen tahun ini, dipastikan persediaan pangan khususnya padi, Alhamdulillah kami pastikan stok persediaan beras masyarakat tahun 2020 ini cukup aman,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Sukamara H Windu Subagio menyambut baik hasil pengembangan pertanian di Kecamatan Pantai Lunci, terlebih dengan hasil panen padi yang dilakukan di Desa Sungai Pasir, menjadikan kecamatan setempat sudah bisa swasembada pangan dalam hal ini padi atau beras.

“Jika tiap hektare sawah bisa menghasilkan padi 4 ton dengan asumsi dua kali panen per tahun, maka dengan luasan lahan pertanian 200 hektare saja sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan beras di Kecamatan Pantai Lunci,” pungkasnya.

Sumber : https://kaltengpos.co/berita/-42718-program_serasi_mampu_jadikan_pantai_lunci_swasembada_beras.html

Author: admin

Leave a Reply