Produksi 11 Ton Gabah Kering Giling, Jabar Berhasil Swasembada Beras

Produksi 11 Ton Gabah Kering Giling, Jabar Berhasil Swasembada Beras

  • Posted by: admin

ILUSTRASI. Petani memanen padi

MESKI alih fungsi lahan pertanian pada tahun 2019 cukup tinggi, namun Provinsi Jawa Barat berhasil swasembada beras. Jawa Barat mampu menjadi penghasil beras utama nasional kedua di bawah Provinsi Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Hendy Jatnika yang dikutip dari PRFM News Channel, Kamis (2/1/2020).

“Kita posisi kedua di bawah Jatim sebagai penghasil beras utama nasional, dengan rata-rata produksi 11 juta ton gabah kering giling, atau sekitar 7 ton beras, dengan angka konsumsi rata-rata kapital 84 juta, dengan jumlah 48 juta. Ketersediaan beras masih bisa tercukupi oleh kita sendiri,” katanya.

Namun begitu, pada komoditas pangan lain seperti jagung dan kedelai, Jawa Barat belum swasembada. Padahal, Jawa Barat merupakan pengkonsumsi kedelai terbesar nasional.

“Kita masih belum bisa penuhi, masih berupaya untuk meningkatkan luas area produksi komoditas jagung dan kedelai,” katanya.

Untuk menekan praktik alih fungsi lahan yang tidak terkendali, tambahnya sudah ada undang-undang dan perda yang mengatur mengenai perlindungan lahan pertanian berkelanjutan. Nantinya, soal pengawasan tata ruang pun akan lebih ketat lagi.

“Dengan bertambahnya kebutuhan lahan, tentu alih fungsi lahan pasti terjadi. Banyak proyek strtegis nasional, seperti jalan tol. Supaya terkendali sudah ada undang-undang dan perda yang mengatur,” katanya.

Pada tahun 2020, ia berharap tidak terjadi perubahan iklim yang menyebabkan kemarau berkepanjangan. Ia berharap iklim lebih ramah untuk proses produksi pertanian, sehingga tidak mendapat banyak tantangan.

“Mudah-mudahan iklim lebih ramah untuk produksi pertanian, sehingga tidak banyak tantangan persiapan sarana dan mengatasi kesulitan air. Kita juga berharap pelaku usaha pertanian betul-betul mengikuti petunjuk dinas terkait, sehingga target kita akan tercapai,” katanya.

Sumber : https://www.galamedianews.com/bandung-raya/243416/produksi-11-ton-gabah-kering-giling-jabar-berhasil-swasembada-beras.html

Author: admin

Leave a Reply