Pandemi COVID-19, Stok Beras di Banyuwangi Aman

Pandemi COVID-19, Stok Beras di Banyuwangi Aman

  • Posted by: admin

Stok beras di Banyuwangi aman (Foto: Ardian Fanani/detikcom)

Banyuwangi – Stok beras di Bulog Sub Divre V Banyuwangi hingga kini mencapai 20.500 ton. Meski dalam pandemi COVID 19, stok beras di Banyuwangi bakal bertambah seiring dengan masa panen yang bakal terjadi pada akhir bulan April dan Mei mendatang. Namun untuk gula, hingga saat ini, Banyuwangi masih menunggu pasokan dari Kanwil.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo masih mengkhawatirkan prediksi dari Food and Agriculture Organization (FAO) tentang potensi adanya krisis pangan di tengah pandemi Corona. Ada 7 provinsi yang stok beras ternyata defisit. Namun untuk Banyuwangi hingga saat ini masih surplus.

Bahkan beberapa bulan lalu, Banyuwangi rutin melakukan pengiriman di beberapa daerah. Di antaranya, Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Terakhir kami kirim atau move beras ke Papua dan NTT pada akhir Februari lalu. Untuk saat ini belum ada permintaan lagi sehubungan sama-sama sedang musim panen,” ujar Kepala Bulog Sub Divre V Banyuwangi Prima Agung, kepada detikcom, Kamis (30/4/2020).

Untuk Banyuwangi, kata Prima, stok beras kurang lebih 20.500 ton. Stok di gudang Bulog bakal bertambah seiring dengan kegiatan penyerapan gabah/beras yang dilakukan dalam waktu dekat. Saat ini kurang lebih penyerapan setara gabah 100 ton. Dan dalam 1-2 hari ini progresnya meningkat sehubungan panen yg sudah mulai ramai.

“Untuk Banyuwangi stok beras aman, harga juga stabil karena sudah memasuki masa panen April-Mei ini. Banyuwangi panen mundur di banding daerah sekitar, karena hujan baru turun di bulan Januari. Jadi perkiraan panen akhir April dan mulai ramai di bulan Mei. Jadi mitra¬≤ baru mulai untuk pengiriman ke bulog, karena awal-awal kemarin harga masih tinggi di atas HPP,” tambahnya.

Untuk kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) yang digelar Bulog Banyuwangi masih terus berjalan. Namun sehubungan dengan upaya Social Distancing kegiatan tersebut digelar di gudang-gudang Bulog di Banyuwangi.

“Terus berjalan. Biasanya kami gelar juga kegiatan di pasar-pasar. Sementara ini di fokus kan di gudang Bulog bagi masyarakat bisa membeli langsung ke gudang bulog terdekat,” tambahnya.

Sementara untuk stok ketersediaan gula di Banyuwangi hingga saat ini kosong. Bulog Banyuwangi masih menunggu droppinv dari Kanwil. Prima belum bisa memastikan kapan pengiriman gula ke Banyuwangi.

“Kita belum tahu kapan dan belum bisa memastikan berapa yang akan dikirim. Biasanya nanti ada fax pemberitahuan dari Kanwil. Sementara kami diminta menyiapkan destinasi gudang penerima,” pungkasnya.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4996948/pandemi-covid-19-stok-beras-di-banyuwangi-aman

Author: admin

Leave a Reply