Mentan: Stok Beras Nasional Aman, Tidak Perlu Impor

Mentan: Stok Beras Nasional Aman, Tidak Perlu Impor

  • Posted by: admin

Sumber Foto: Istimewa
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman

JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menjamin ketersedian beras nasional hingga akhir 2019 ini mencukupi. Musim kemarau atau kekeringan di sejumlah wilayah tidak menjadi kendala katanya.

Ia menegaskan, produksi beras nasional per bulannya minimal masih mencapai 5 juta ton, sementara kebutuhan per bulan masyarakat Indonesia hanya 2,5 juta ton.

“Produksi kita bagus karena infrastruktur itu yang seperti arahan Presiden baik, kalaupun (musim) kering, produksi tetap baik,” ungkapnya saat ditemui seusai Rapat Koordinasi (Rakor) terkait “Pangan”, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Dr. Wahidin, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2019).

Lebih lanjut, ia mengkalkulasi produksi beras dalam sebulannya. Ia menyebutkan, dalam satu kali produksi lahan bisa menghasilkan 1 juta ton beras. Jika dikalikan 5 lahan, maka ada 5 juta ton beras dalam sebulannya.

“Lima juta ton beras per bulan kali 3 bulan (sisa bulan di tahun ini) ya 15 juta ton beras. Berarti 7 juta sampai 10 juta beras (bersihnya). Sementara kebutuhan per bulan 2,5 juta ton. Jadi katakanlah 10 juta ton berarti masih surplus 2,5 dan di gudang masih ada 2,5 juta,” terangnya.

Jadi, tegas Amran, kekeringan tidak berdampak terhadap ketersediaan pangan Indonesia. “Artinya tidak, tidak mengganggu, karena infrastruktur ini kita sudah membangun 4 tahun, jadi ketahanan pangan kita kuat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso membenarkan kalkulasi yang disebutkan oleh Mentan. Katanya, ketersedian beras justru akan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Maret 2020.

Sebab daripada itu, maka Indonesia tidak akan melakukan impor beras hingga tahun depan. “Sampe Maret tahun depan prediksi saya stok beras aman, karena April sudah produksi lagi kan, kita ambil. Nah kalau itu bisa maksimal maka sampe akhir 2020 kita enggak impor,” imbuhnya.

Sekadar informasi, sejak 24 Agustus 2019 lalu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini kekeringan yang akan terjadi di wilayah Banten dan Jakarta.

Dampaknya pun mulai terasa, sebab Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mencatat 425 hektare lahan pertanian Padi dilaporkan gagal panen akibat kemarau panjang yang menyebabkan terjadinya kekeringan. (Ryo)

Sumber : http://www.sinarharapan.co/ekonomi/read/8185/mentan__stok_beras_nasional_aman__tidak_perlu_impor

Author: admin

Leave a Reply