Memasuki Musim Kemarau, Mentan: Stok Beras Aman

Memasuki Musim Kemarau, Mentan: Stok Beras Aman

  • Posted by: admin

Menteri Pertanian Amran Sulaiman (tengah). [Antara/Oky Lukmansyah]

Suara.com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebut stok beras dijamin aman meski di sejumlah daerah di Indonesia akan memasuki musim kemarau.

Arman menerangkan, persediaan beras di gudang Perum Bulog mencapai 2,3 juta ton.

“Stok beras aman dan banyak, 2,3 juta di Bulog dan serapan ini masih masuk,” ujar Amran di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Untuk mengatasi kekeringan pada padi di musim kemarau, Arman mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan infrastruktur yang sudah dibuat beberapa tahun lalu. Diantaranya seperti irigasi dan pompa untuk menyalurkan air ke sawah.

“Sudah dipersiapkan 3-4 tahun lalu, ini masuk tahun ke 5,” tambahnya

Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kanan). (Antara/Teresia May)

Sebelumnya, untuk mengatasi musim kemarau yang datang lebih awal, Kementerian Pertanian bersama Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, bergerak cepat mengambil langkah-langkah antisipasi. Sejumlah lahan pertanian di kawasan ini sempat mengalami kekeringan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, lahan kering yang masuk kategori berat ada 151 hektare, kekeringan sedang mencapai 116 hektare, kategori ringan 143 hektare, dan yang mengalami puso mencapai 167 hektare.

“Kekeringan tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Panekan Barat, Sukomoro, Parang, dan Magetan,” sebut Direktur Irigasi Pertanian, Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Rahmanto, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sumber: https://www.suara.com/bisnis/2019/06/25/021000/memasuki-musim-kemarau-mentan-stok-beras-aman

Author: admin

Leave a Reply