Manfaat Beras Merah untuk Bayi, Ketahui Resep Olahannya

Manfaat Beras Merah untuk Bayi, Ketahui Resep Olahannya

  • Posted by: admin

Ilustrasi beras merah. ©Pixabay/EzBom

Merdeka.com – Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang dinilai sehat. Beras merah ini diketahui mempunyai kandungan serat tinggi sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan beras putih yang biasa dikonsumsi. Tidak heran, jika banyak orang yang menjalankan program diet penurunan berat badan beralih dari beras putih ke beras merah untuk konsumsi sehari-hari.

Selain banyak dikonsumsi oleh orang dewasa, ternyata beras merah juga baik untuk konsumsi bayi. Tidak lain bagi bayi yang telah memasuki masa MPASI, beras merah mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan bayi. Mulai dari berbagai variasi vitamin B, karbohidrat, serat, lemak, protein, hingga berbagai kandungan mineral seperti kalium, sodium, serta magnesium.

Tidak heran, jika beras merah dikatakan sebagai makanan sehat yang memberikan manfaat kebaikan bagi bayi. Salah satu manfaat beras merah untuk bayi adalah kandungan serat yang baik untuk mencegah risiko gangguan sembelit pada bayi. Jika Anda memiliki bayi yang sudah memasuki masa MPASI, konsumsi beras merah bisa menjadi pilihan menu sehat untuk pertumbuhannya.

Dengan begitu, Anda perlu memahami apa saja manfaat beras merah untuk bayi. Selain itu, juga penting bagi Anda untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memberikan beras merah sebagai makanan untuk konsumsi sehari-hari bayi.

Dilansir dari situs Parenting Firstcry, berikut kami merangkum beberapa manfaat beras merah untuk bayi dan berbagai macam informasi lainnya yang bisa Anda simak.

Kandungan Gizi Beras Merah

Sebelum mengetahui beberapa manfaat beras merah untuk bayi, perlu diketahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat dalam beras merah. Seperti yang telah disebutkan, beras merah mempunyai beragam nutrisi baik untuk tubuh. Mulai dari vitamin, karbohidrat, serat, protein, hingga berbabagi kandungan mineral lainnya. Berikut beberapa kandungan gizi beras merah dalam takaran 100 gram beserta rinciannya yang perlu Anda ketahui:

  • Vitamin B1 : 0,401 mg
  • Vitamin B2 : 0,093 mg
  • Vitamin B3 : 5,091 mg
  • Vitamin B5 : 1,493 mg
  • Vitamin B6 : 0,509 mg
  • Vitamin B9 : 20 mcg
  • Karbohidrat : 77,24 g
  • Gula : 0.85 g
  • Serat : 3,5 g
  • Lemak : 2.92 g
  • Protein : 7,94 g
  • Air : 10,37 g
  • Kalsium : 23 mg
  • Besi : 1,47 mg
  • Magnesium : 143 mg
  • Mangan : 3,743 mg
  • Fosfor : 333 mg
  • Kalium : 223 mg
  • Sodium : 7 mg
  • Seng : 2,02 mg

Waktu yang Tepat Memperkenalkan Beras Merah pada Bayi
Sebelum mengetahui beberapa manfaat beras merah untuk bayi, penting juga untuk mengatahui waktu yang tepat untuk memperkenalkan beras merah pada bayi. Diketahui, olahan nasi merah memang merupakan pilihan makanan yang aman untuk dikonsumsi bayi. Biasanya, kebanyakan orang merekomendasikan agar memperkenalkan beras merah sebagai makanan padat bayi setelah mereka berusia 6 bulan. Usia ini dinilai cukup bagi bayi untuk mencerna nasi merah dengan baik.

Manfaat Beras Merah untuk Bayi

Setelah mengetahui kandungan dan waktu yang tepat untuk memberikan konsumsi beras merah pada bayi, berikutnya terdapat beberapa manfaat beras merah untuk bayi yang perlu diketahui. Seperti dikatakan, beras merah mempunyai kandungan serat yang baik untuk membantu sistem pencernaan bayi. Bukan hanya itu, berikut beberapa manfaat beras merah untuk bayi yang perlu Anda ketahui :

Mengingat kecilnya kemungkinan beras merah mengandung alergen, ini berfungsi sebagai bahan makanan yang sempurna untuk memperkenalkan bayi Anda pada dunia makanan padat.
Dengan banyaknya serat dalam nasi, nasi adalah makanan terbaik untuk diberikan kepada bayi yang mengalami sembelit.

Cara Memilih dan menyimpan Beras Merah dengan Baik
Setelah mengetahui beberapa manfaat beras merah untuk bayi, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana cara memilih dan menyimpan beras merah dengan baik dan aman untuk konsumsi bayi sehari-hari. Berikut beberapa cara menyimpan beras merah dengan baik :

1. Dalam bentuk beras

Saat membeli beras merah mentah dari pasar, periksa kembali tanggal kedaluwarsanya. Di tiba rumah, beras merah harus disimpan di lemari es. Pasalnya, pada beras merah masih terdapat lapisan kuman berminyak yang tidak terdapat pada nasi putih. Jika terkena suhu ruangan, panasnya bisa membuat beras menjadi tengik.

2. Nasi yang Sudah Dimasak

Seperti diketahui, setelah beras diolah menjadi nasi, bakteri yang ada pada nasi bisa berkembang biak dengan cepat saat disimpan. Idealnya, nasi bisa bertahan hingga 4 hari di lemari es. Sehingga cara terbaik adalah memasak nasi sesuai jumlah yang dibutuhkan dan membuang sisa nasi untuk menghindari infeksi.

Cara lain untuk menyimpan beras merah yang sudah dimasak adalah dengan mendinginkannya dengan cepat setelah dimasak dan langsung dibekukan. Paket beras merah beku semacam itu dapat disimpan di freezer selama 6 bulan sekaligus.

Resep Olahan Beras Merah untuk Bayi

Setelah mengetahui beberapa manfaat beras merah untuk bayi dan cara memilih dan menyimpan beras, berikutnya, terdapat beberapa resep olahan beras merah untuk bayi yang bisa menjadi rekomendasi Anda. Anda bisa memberikan sajian olahan beras merah ini untuk konsumsi sehari-hari bayi. Berikut beberapa resep yang bisa menjadi pilihan Anda.

Bubur Labu Beras Merah

Bahan :

  • Beras merah
  • Labu yang sudah dikuliti dan dibuang bijinya
  • air
    Cara membuat :
  1. Cuci beras merah dengan benar dan rendam dalam air selama 30 menit.
  2. Cuci labu dan potong kecil-kecil.
  3. Masukkan potongan labu ke dalam kukusan dan kukus selama setengah jam.
  4. Tambahkan nasi, air, dan potongan labu ke dalam blender dan haluskan semuanya.
  5. Sesuaikan air agar sehalus mungkin.
  6. Tuang campuran ke dalam panci dan rebus dengan api besar selama beberapa menit.
  7. Kecilkan api dan biarkan masak selama beberapa menit.
  8. Biarkan dingin dan resep bubur nasi merah untuk bayi siap disajikan.

Sumber : https://www.merdeka.com/jateng/manfaat-beras-merah-untuk-bayi-ketahui-resep-olahannya-kln.html?page=all

Author: admin

Leave a Reply