Manfaat Beras Coklat untuk Kesehatan, Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat Beras Coklat untuk Kesehatan, Baik untuk Penderita Diabetes

  • Posted by: admin

Ilustrasi beras cokelat. Shutterstock/annata78

Merdeka.com – Beras coklat merupakan beras yang tidak disosoh sehingga tetap mempertahankan semua kebaikan padi yang terkandung dalam lapisan kulit ari beras. Kulit ari ini disebut juga bekatul atau aleuron yang kaya protein, lemak jenuh, vitamin, mineral, serat dan antioksidan.

Mengingat beras coklat masih dilapisi bekatul yang mengandung serat maka pada saat dikonsumsi karbohidrat dalam beras tersebut mengalami pencernaan menjadi glukosa dalam saluran pencernaan lebih lambat dan menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah juga lambat.

Beras coklat memiliki index glisemik yang rendah jika dibandingkan dengan beras putih. Maka beras ini cukup banyak dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai ganti beras putih.

Tak hanya baik untuk penderita diabetes, beras coklat juga memiliki manfaat lainnya yang tak kalah menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Berikut ini informasinya telah dirangkum merdeka.com melalui healthline.com dan bkpn.go.id pada Senin, (24/01/2022).

1. Menguatkan Tulang

Manfaat beras coklat untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menguatkan tulang. Pasalnya beras coklat mengandung magnesium yang merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang bersama dengan kalsium dan vitamin D. Kekurangan magnesium dapat memicu penurunan kepadatan tulang dan menyebabkan terjadinya osteoporosis di masa tua.

2. Mencegah Penyakit Jantung
Manfaat beras coklat untuk kesehatan berikutnya dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini tak lain karena beras coklat dipercaya mengandung banyak serat yang dapat melindungi kamu dari berbagai gangguan jatung dan pembuluh darah.

Sebuah penelitian di Amerika menduga bahwa suatu lapisan jaringan di sekitar beras coklat atau bekatul dapat mengurangi kerja protein angiotensin II, yang telah dikenal dapat meningkatkan risiko terjadinya aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi.

3. Turunkan Berat Badan
Beras coklat sangat aman dan baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya kandungan serat yang ada dalam beras coklat dipercaya efektif untuk menurunkan berat badan bahkan jika dikonsumsi dengan porsi lumayan besar tidak akan menambah kalori pada tubuh.

Selain itu, beras coklat juga bisa membantu mengurangi lemak di tubuh. Tak seperti beras putih yang memiliki jumlah kalori tinggi, dan membuat lemak menumpuk. Beras coklat memiliki kandungan serat yang tak larut dalam air. Sehingga membuat serat lebih lama bertahan dalam usus dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

4. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat beras coklat untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Mengingat beras coklat memiliki kandungan antosianin yang merupakan senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyerang tubuh kapan saja. Antioksidan berjenis antosianin ini terkandung dalam beras coklat.

Selanjutnya ia bisa membantu untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Bagi kamu yang rajin mengonsumsi beras coklat, maka sel imun tubuh kamu akan semakin meningkat sehingga kamu tidak akan mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus.

5. Baik untuk Penderita Diabetes
Pada umumnya penderita diabetes, sangat dilarang mengonsumsi beras putih, karena beras putih mengandung gula yang banyak. Mengonsumsi beras coklat bisa membantu mengontrol gula darah di dalam tubuh. Tidak seperti beras putih, yang mempunyai jumlah karbohidrat yang tinggi. Beras coklat ini tidak memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga aman dikonsumsi orang yang memiliki diabetes, dan membuat perut kenyang lebih lama.

6. Baik untuk Sistem Pencernaan
Kandungan serat pada beras coklat terbilang cukup tinggi yang dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kerja usus, dan membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serat yang terkandung pada beras cokelat, bisa membantu mencegah penyakit sembelit, sehingga perut terasa lebih nyaman.

Beras coklat juga sangat bagus dikonsumsi bagi penderita radang usus besar. Karena beras cokelat memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yang tidak mudah larut dalam air.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf
Tak hanya baik untuk sistem pencernaan, manfaat beras coklat lainnya juga baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Hal ini tak lain karena beras coklat mengandung banyak mangan, yang diperlukan oleh tubuh untuk membentuk asam lemak dan berbagai jenis hormon yang diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem saraf kamu.

8. Turunkan Resiko Kanker Usus Besar
Tingginya kadar selenium dan fenol di dalam beras coklat diduga membuatnya dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar. Selain itu, banyaknya serat di dalam beras coklat juga dapat membantu menjaga kesehatan usus besar dan saluran cerna kamu.

Sumber : https://www.merdeka.com/jabar/manfaat-beras-coklat-untuk-kesehatan-baik-untuk-penderita-diabetes-kln.html

Author: admin

Leave a Reply