Lahan Kekeringan Terus Bertambah, Bulog Siaga Beras

Lahan Kekeringan Terus Bertambah, Bulog Siaga Beras

  • Posted by: admin

FOTO ilustrasi kekeringan.*/ANTARA

PALABUHANRATU, (PR).- Tegalan lahan pertanian di Kabupaten Sukabumi yang masuk kategori kekeringan diperkirakan terus meluas. Akibat dampak kemarau panjang, hanya kurang dari sepekan dari sebelumnya, lahan kekeringan yang sebelumnya 688 hektare, kini bertambah hingga 2.563 hektare.

Seluruh lahan kini masuk kategori kekeringan dan diperkirakan akan terus bertambah. Terutama di beberapa daerah tadah hujan seiring pasokan air dari sejumlah mata air terus berkurang.

Sementara lahan yang terancam kekeringan kini telah terinvetarisir mencapai 4.373 hektare. Diprediksi bila hujan tidak kunjung mengguyur, akan terus meluas. “Lahan yang sebelumnya hanya masuk kategori terancam kekeringan berpotensi lahan kekeringan akan bertambah seiring masih panjangnya musim kemarau,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sudrajat, Selasa, 2 Juli 2019.

Dari data Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, lahan kekeringan mencapai 2.563 hektare. Sedangkan lahan berkategori kekeringan ringan seluas 1.022 hektare, kekeringan sedang mencapai 1.016 hektare.

“Sedangkan areal kekeringan berat seluas 422 hektare. Hanya saja potensi kekeringannya dari ringan ke sedang. Ini bisa menjadi berat jika hujan masih belum turun di Sukabumi,” katanya.

Sebenarnya , kata Sudrajat, langkah pencegahan meluas areal kekeringan telah dilakukan. Bahkan dinasnya, telah memberikan bantuan pompa. Terutama di daerah Sukabumi Selatan yang mayoritas lahan tadah hujan. “Tapi upaya yang dilakukan masih belum membuahkan hasil seiring debit sejumlah sumber mata air dan sungai terus menyusut,” katanya.

Sudrajat memastikan produksi beras di Sukabumi relatif masih aman. Bahkan persediaan beras surplus hingga mampu memenuhi kebutuhan warga hingga beberapa bulan ke depan. “Dari kebutuhan beras mencapai 21.038 ton terdapat surplus hingga 22.026 ton,” katanya.

Bulog siaga
Sementara itu, Badan Urusan Logistik Subdivre Cianjur menyiagakan 3.500 ton beras. Stok beras yang disimpan di kantor Gudang Bulog Pasir Halang, Kecamatan Sukaraja itu, diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan warga di Kota dan Kabupaten Sukabumi hingga tiga bulan ke depan.

“Warga tidak perlu cemas dan khawatir, musim kemarau yang saat ini melanda di beberapa wilayah masih belum berdampak terhadap stok beras,” kata Kepala Gudang Bulog Pasirhalang Subdivre Cianjur, Aep Saepullah.

Namun untuk mengantisipasi dampak kemarau berkepanjangan, akan secepatnya mengalokasikan persediaan stok cadangan. Termasuk menyediakan saat terjadi bencana alam. “Bila dalam tiga bulan kedepan masih terjadi kemarau, maka akan segera menyediakan stok cadangan beras,” katanya.***

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2019/07/02/lahan-kekeringan-terus-bertambah-bulog-siaga-beras

Author: admin

Leave a Reply