Kutu Beras Menyerang 500 Ton Beras di Gudang Bulog

Kutu Beras Menyerang 500 Ton Beras di Gudang Bulog

  • Posted by: admin

SEBANYAK 500 ton beras di gudang penyimpanan Subdivre Banyumas, Jawa Tengah, diserang kutu beras.*/EVIYANTI/PR

PURWOKERTO, (PR).- Hama Rhyzopertha dominica atau kutu beras mulai menyerang beras di gudang penyimpanan Subdivisi Regional (Subdivre) Banyumas, Jawa Tengah. Tercatat 500 ton beras terancam rusak karena serangan kutu beras.

Kutu beras atau kumbang gabah muncul akibat penyimpanan yang terlalu lama. Menurut Kepala Bulog Subdivre Banyumas Sony Supriyadi, stok 500 ton beras tersebut merupakan pengadaan pangan antara April hingga Juni 2018. Artinya, beras tersebut sudah tersimpan lebih dari satu tahun.
“Serangan Rhyzopertha menyebabkan kerusakan, yaitu beras menjadi bertepung,” kata Sony, Rabu, 26 Juni 2019.

Dijelaskan dia, stok beras yang tersimpan di 9 gudang mencapai 19 ribu ton. Sebanyak 10 ribu ton di antaranya merupakan stok hasil pengadaan lama antara April hingga Juli 2018.

Sedangkan 9.000 ribu ton sisanya merupakan beras baru dari pengadaan 2019. “Beras baru sekitar 9 ribu ton tersimpan di 9 gudang milik Bulog Banyumas. Gudang tersebut berada di empat kabupaten yakni Banyumas, Purbalingga, Cilacap, dan Banjarnegara,” tutur Sony.

Fumigasi

Lebih lanjut, Sony mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan upaya penyelamatan dengan fumigasi. Jika dibiarkan, kutu akan bertelur dan menetas, sehingga semakin sulit dikendalikan.

“Kami sudah melakukan fumigasi. Sebenaranya secara berkala tiga bulan sekali Bulog juga sudah melakukan fumigasi di sembilan gudang, salah satunya untuk membasmi kumbang beras,” ucapnya.

Meski demikan, ketahanan beras terbatas. Hama berpotensi menyerang untuk beras yang sudah tersimpan lebih dari enam bulan.

“Lama-lama ya kena, meski sudah dilakukan fumigasi secara berkala,” katanya.

Adapun penyebab beras yang lama tersimpan di gudang, karena sudah tidak ada lagi penyaluran beras melalui program beras sejahtera (rastra).***

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2019/06/26/kutu-beras-menyerang-500-ton-beras-di-gudang-bulog

Author: admin

Leave a Reply