Ketersedian Beras di Sleman Semakin Bertambah

Ketersedian Beras di Sleman Semakin Bertambah

  • Posted by: admin

TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando Kepala DP3 Sleman, Heru Saptono

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Petani padi di Sleman kembali panen raya, Selasa (14/4/2020).

Kali ini para petani di bulak Kalirase, Trimulyo, Sleman melakukan panen raya di lahan seluas 20 hektare.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman Heru Saptono mengatakan titik panen raya ini hanya sebagian kecil saja dari total keseluruhan lahan pertanian padi di Kabupaten Sleman yang akan panen di bulan April, yakni seluas 7.576 hektare.

Dengan kondisi ini, ia menyatakan ketersediaan pangan di kabupaten Sleman masih tercukupi.

“Insyaallah bisa menyukupi ketersediaan beras di Kabupaten Sleman, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini. Masyarakat bisa mengakses pangan, baik kualitas maupun kuantitas yang mencukupi,” ujarnya Selasa (14/4/2020).

Ia menjelaskan, dengan adanya panen raya di bulak Kalirese, Trimulyo ini maka ketersediaan gabah kering panen pada bulan April ini sebesar 43.373 ton, atau setara dengan beras 27.766 ton.

Ketersediaan ini akan terus bertambah, karena masih ada panen yang akan dilakukan pada bulan Mei mendatang.

Ia menjelaskan, pada bulan Mei nanti area yang akan penan seluas 5.915 hektare, dengan produksi gabah kering giling seluas 33.715 ton dan akan menghasilkan beras 21.578 ton.

Sementara itu, saat disinggung soal masa tanam, Heru menjelaskan bahwa para petani masih bisa melakukannya meski curah hujan relatif sedikit bekakangan ini.

“Masih ada hujan dan air sungai masih mengalir. Jadi masih tanam padi masih bisa dilakukan. Selain itu sesuai prediksi BMKG awal kemarau masih Juni mendatang,” terangnya.

Sumber : https://jogja.tribunnews.com/2020/04/14/ketersedian-beras-di-sleman-semakin-bertambah

Author: admin

Leave a Reply