Kemarau Panjang, Harga Beras Naik

Kemarau Panjang, Harga Beras Naik

  • Posted by: admin

This is custom heading element

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro – Kemarau panjang memicu ketersediaan beras di pasaran berkurang. Bahkan, harga beras juga sudah mengalami kenaikan sejak dua minggu lalu. ’’Harga beras naik perlahan. Kemungkinan ini akan naik lagi,’’ kata Adik Suhariyanto, pedagang di Pasar Beras Banjarejo kemarin (25/9).

Harga beras medium saat ini Rp 8.500 per kilogram (kg). Naik Rp 200 per kg dibanding sebelumnya. Begitu juga dengan beras premium. Juga mengalami kenaikan Rp 200 per kg. ’’Kalau premium saat ini Rp 9.000-an,’’ ujarnya.

Menurut Adik, kenaikan harga beras itu disebabkan musim kemarau panjang. Sehingga, pasokan beras tidak begitu banyak. Itu membuat harga beras mengalami kenaikan. ’’Perkiraan saya dua minggu lagi akan naik. Saat ini kan tidak ada panen padi,’’ terang dia.

Kepala Bulog Subdivre III Bojonegoro M. Akbar Said memastikan, pasokan beras aman. Hingga kini pasokan beras Bulog di gudang Kalitidu mencapai 8 ribu ton. ’’Itu cukup sampai akhir tahun,’’ ujar dia.

Akbar menjelaskan, saat ini mulai melakukan operasi pasar cadangan beras pemerintah (CBP). Operasi pasar (OP) itu ada di pasar-pasar di Bojonegoro. ’’Mulai hari ini (kemarin) kita sudah melakukan OP di sejumlah titik,’’ ungkap dia.

Akbar mengakui saat ini harga beras di pasaran mengalami kenaikan. Namun, kondisi itu belum berlangsung lama. Karena itu, pihaknya mengambil tindakan. ’’Kita lakukan OP. Bahkan, itu dilakukan serentak,’’ tuturnya.

Menurut Akbar, harga beras yang mengalami kenaikan harus dilakukan stabilisasi. Yakni dengan cara menggelontorkan pasokan ke pasar. Jika pasokan sudah banyak, harga akan terus mengalami penurunan. ’’Saya yakin tidak begitu lama harga akan stabil,’’ tuturnya.

Sumber : https://radarbojonegoro.jawapos.com/read/2019/09/26/157656/kemarau-panjang-harga-beras-naik

Author: admin

Leave a Reply