Jelang Natal dan Tahun Baru, Bulog Pastikan Stok Beras Aman

Jelang Natal dan Tahun Baru, Bulog Pastikan Stok Beras Aman

  • Posted by: admin

Kepala Bulog Divre Sulselbar M Attar Rizal/Lina

Arah – Jelang hari raya Natal dan tahun baru, Perum Bulog Divre Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) mengimbau masyarakat tetap tenang dan melakukan aksi borong, karena ketersediaan pangan tetap aman.

Bulog Sulselbar mencatat, surplus beras di Sulsel hingga November 2019 ini, mencapai 179 ribu ton, yang tersebar di sejumlah gudang miliknya, dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat lokal hingga 29 bulan ke depan.

Bahkan Kepala Bulog Divre Sulselbar M Attar Rizal mengungkapkan, selain dikonsumsi masyarakat Sulsel dan Sulbar, stok beras Sulsel, juga dipasok untuk kebutuhan beras di daerah lain. Dan itu dulakukan secara rutin.

Penyebaran sudah hampir di 18 provinsi. Yang terbesar ke Jakarta dan Sumatera Utara. Hingga medio 2019, yang disuplai sudah 52 ribu ton.

“Sudah lama beras dari kita rutin disuplai ke daerah yang defisit, seperti Kalimantan, Papua, Nusa Tenggara, dan Maluku. Belakangan, stok turut disebar ke ibu kota negara, DKI Jakarta, serta sejumlah daerah di Sumatera, antara lain Sumatera Utara, Palembang, dan Bengkulu,” ungkap Attar.

Attar menambahkan, sejak Januari hingga pertengahan November 2019, Bulog Sulselbar sudah menyerap lebuh 211 ribu ton dari petani lokal di Sulsel dan Sulbar.

Memang jumlah serapan, sejauh ini masih di bawah target sepanjang tahun 2019, sebanyak 290 ribu ton. Tapi Attar optimistis target itu bisa tercapai, sebab hingga kini pihaknya terus menyerap beras, yang saat ini sejumlah daerah memasuki masa panen.

“Dalam sehari, kita terus lakukan serapan antara 1.000-1.400 ton di daerah yang sedang panen, seperti Palopo, Pinrang, Wajo. Ini kita lakukan untuk menghindari harga jatuh di tingkat petani,” lanjut Attar.

Selain itu, Attar tidak hanya menjamin harga beras tidak jatuh di tingkat petani, tapi juga berupaya agar harga yang sampai di konsumen tidak terlalu tinggi.

“Kita sedang upayakan agar beras kemasan murah yang diproduksi bulog, bisa dicapai oleh masyarakat seluas mungkin. Salah satunya, dengan menjual beras murah di pasar-pasar modern. Nanti kita masuk ke ritel, sudah dilakukan MoU dengan Aprindo,” lanjut Attar.

Untuk Natal dan tahun baru, ia menegaskan, jika Bulog bisa melayani semua kebutuhan masyarakat hingga akhir Desember, termasuk melakukan operasi pasar./Lina/

Sumber : https://www.arah.com/article/51705/jelang-natal-dan-tahun-baru-bulog-pastikan-stok-beras-aman.html

Author: admin

Leave a Reply