Jauh Dari Target, Serapan Produksi Beras Bulog Hanya 15.800 ton dari targetnya 80.000 ton

  • Posted by: admin

Ilustrasi Bulog

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG — Kondisi serapan beras produksi dalam negeri oleh Perum Bulog (Persero) Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung tahun ini masih rendah yakni berkisar 15.800 ton dari targetnya 80.000 ton.

“Ya sekarang baru sepertiganya saja atau 19 persen dari target penyerapan beras 2018. Penyerapan di akhir tahun ini belum memasuki masa panen. Saat ini belum dilakukan penyerapan karena juga harga gabah ditingkat petani cukup tinggi,” jelas Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sumsel Babel M Yusuf Salahuddin, Minggu (23/12/2018).

Yusuf mengungkapkan, pihaknya mengestimasi hingga tutup buku pun jumlah serapan beras tidak jauh dari jumlah sekarang.

Penyebab penyerapan rendah menurut Yusuf, lebih dikarenakan saat ini memasuki musim hujan sehingga petani harus ekstra menjaga kualitas beras miliknya yang mengakibatkan harga beli beras ditingkat petani pun cenderung tinggi.

“Contohnya karena musim hujan maka dalam proses penjemuran padi tidak mudah, sebab petani di Sumsel menjemur padi secara tradisional menggunakan panas matahari bukan alat pengering modern. Proses inilah yang berpengaruh terhadap harga beras ditingkat petani,” ujarnya

Saat ini perseroan memberlakukan harga pembelian di tingkat petani Rp8.030 per kilogram. Harga tersebut 10 persen diatas HPP dari semula Rp7.300 menjadi Rp8.030 per kilogramnya.

“Posisinya harga jual beras oleh petani di Sumsel sekitar Rp8.600-Rp8.700 per kilogram, masih jauh dari harga beli kita. Tapi ini bagus karena petani menikmati harga yang berlaku saat ini,” jelasnya.

Meski kondisi penyerapan yang dilakukan perseroan masih minim, namun pihaknya mengklaim para konsumen tidak terganggu untuk mendapatkan beras.

Ia mengakui saat ini stok beras di gudang Bulog dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Sumsel dan Babel selama 7 bulan 14 hari atau sekitar 33.000 ton.

“Dengan kondisi jumlah serapan yang sangat rendah itu, kami masih belum memiliki gambaran untuk penetapan target penyerapan beras di 2019 mendatang,” tutup Yusuf.

Sumber: http://palembang.tribunnews.com/2018/12/23/jauh-dari-target-serapan-produksi-beras-bulog-hanya-15800-ton-dari-targetnya-80000-ton

Author: admin

Leave a Reply