Ini Alasan Bea Cukai Batam Musnahkan Puluhan Ton Beras dan Gula Hasil Tangkapan

  • Posted by: admin

Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Batam tipe B menggelar pemusnahan barang milik negara yakni 89,96 ton beras dan 19,1 ton gula, Kamis (13/12/2018).

TRIBUNBATAM.id, BATAM – Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Batam tipe B menggelar pemusnahan barang milik negara yakni 89,96 ton beras dan 19,1 ton gula, Kamis (13/12/2018).

Pemusnahan tersebut karena barang mengalami kerusakan saat penindakan.

“Gula dan beras ini kita musnahkan, karena pada saat penindakan oleh Pangkalan Sarana Operasi (Pangsangrop) Batam, barang mengalami kerusakan seperti jamur dan kutu.
Barangnya memang tidak layak konsumsi dan berbahaya untuk di konsumsi,” papar Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Batam tipe B, Susila Brata.

Puluhan ton gula dan beras yang dimusnahkan, ditangkap di wilayah operasi penindakan KPU Bea Cukai Batam.

“Beras sebanyak 89,96 ton, gula sebanyak 19,1 ton itu kita dapatkan dari wilayah penindakan, di perairan Batam bagian utara dan Batam bagian selatan. Jadi ada yang memang barang impor ada juga yang hendak diekspor,” tuturnya.

Susila juga memaparkan, ada tiga opsi terhadap barang penindakan KPU Bea Cukai Batam tipe B.

“Ada tiga opsi sebenarnya, dimusnahkan, dilelang dan dan dihibahkan. Namun setelah dilakukan penindakan, kami mengajukan ke KPKNL. Ada beberapa barang yang sudah dihibahkan, tapi kalau kondisinya tidak layak langsung dimusnahkan,” tegasnya.

Dalam pemusnahan barang milik negara hasil penindakan KPU Bea Cukai Batam, dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup, Dirjen lalu lintas barang BP Batam, Polresta Barelang, dan Pangsangrop Bea Cukai Batam. (drs)

Sumber: http://batam.tribunnews.com/2018/12/13/ini-alasan-bea-cukai-batam-musnahkan-puluhan-ton-beras-dan-gula-hasil-tangkapan

Author: admin

Leave a Reply