Bantu Petani, Bulog Beli Beras Sesuai Harga Pasar

  • Posted by: admin

Ilustrasi: (Foto: Okezone)

Warta Ekonomi.co.id, Medan –
Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Sumatera Utara terus membeli beras petani meski dengan harga komersial untuk memperkuat stok dan membantu petani.

“Pembelian baik dengan mengacu pada HPP (harga pembelian pemerintah) yang sebesar Rp7.300 per kg dan harga komersial di kisaran Rp9ribuan per kg terus dilakukan Bulog,” ujar Kepala Bulog Divre Sumut, Benhur Ngkaimi di Medan, Rabu.

Total pembelian sudah di kisaran 400 ton dari target pembelian tahun 2018 sebanyak 20.000 ton.

“Bulog berupaya terus membeli beras petani untuk jaminan ketersediaan dan melindungi petani,” katanya.

Bulog Sumut, kata dia, merupakan salah satu provinsi yang sudah sejak awal bisa menyerap beras petani.

Pada Januari 2018 misalnya sudah ada pembelian bertahap hingga totalnya mencapai sebesar 200 ton dan terus naik hingga memasuki masa dua pekan di Februari.

Dia mengakui, pembelian komersial merupakan dampak kecenderungan harga beras di sentra produksi Sumut yang selalu di atas HPP yang sebesar Rp7.300 per kg.

“Yang penting stok beras Sumut memadai karena Bulog Sumut memang menargetkan bisa mandiri dalam memeuhi kebutuhan beras di daerah.” ujar Benhur.

Bulog Sumut sendiri optimistis bisa memenuhi target pembelian beras 20.000 ton tahun 2018 karena panen padi Sumut dilaporkan cukup baik di tahun ini.

Menurut data, pada 2018, produksi padi di Sumut ditargetkan sebanyak 5,95 juta ton dari sasaran di 2017 yang sebanyak 5,20 juta ton.

 

Sumber: https://www.wartaekonomi.co.id/read170843/bantu-petani-bulog-beli-beras-sesuai-harga-pasar.html

Author: admin

Leave a Reply