Harga beras medium cenderung naik dalam beberapa bulan terakhir

Harga beras medium cenderung naik dalam beberapa bulan terakhir

  • Posted by: admin

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Dalam beberapa waktu terakhir kenaikan harga pangan pasar terutama beras eceran kian meningkat. Data yang di dapat dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan, terjadi peningkatan pada harga beras eceran pada setiap bulannya.

Sebelumnya Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi menjelaskan, kenaikan harga beras medium saat ini karena beras yang dihasilkan dari panen kemarau, sehingga kualitasnya lebih baik dibandingkan hasil dari panen basah.

Saat ini harga beras medium berada dikisaran Rp 9.300-Rp 12.200 per kg. Sedangkan untuk beras jenis premium di banderol harganya Rp 12.000-Rp 13.000 per kg.

Di dapat dari survey pasar, kenaikan harga beras dan pangan lainnya mulai naik dari minggu lalu. Di sisi lain, harga cabai mencapai angka Rp 28.000- Rp. 30.000 per kg, cabai rawit Rp 30.000, dan bawang putih Rp 32.000 – Rp 45.000.

Arief juga menjelaskan, ketika harga beras di pasar naik terutama beras jenis medium, Bulog bisa memberikannya untuk Pasar Induk Beras Cipinang. Karena Bulog yang bisa mengimpor beras berdasarkan dari hasil rapat koordinasi terbatas.

“Kenaikan harga beras saat ini bisa berlangsung lama atau tidak tergantung pada panennya, kalau panennya banyak dan produktivitasnya tinggi, mungkin bisa bergerak turun,” ujarnya.

Arief menjelaskan, pemerintah bertugas dalam mengatur kondisi jika terjadi sesuatu, membuat regulasi, menyiapkan anggaran, penyuluhannya, dan menjaga harga di pasar tetap stabil.

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/harga-beras-medium-cenderung-naik-dalam-beberapa-bulan-terakhir

Author: admin

Leave a Reply