Harga Beras di Lembata Masih Stabil, Didominasi Beras dari Sulawesi Selatan

  • Posted by: admin

Persediaan beras di salah satu toko di Lewoleba, Lembata, NTT, Selasa (18/12/2018) malam.

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA – Saat ini harga beras dan bahan kebutuhan lainnya di Lewoleba, Kabupaten Lembata, senantiasa stabil. Harga beras bermerek seperti Anak Khadafi, masih bergerak antara Rp 230.000-Rp 235.000 per karung (20 kg). Begitu juga beras Phraya Rp 235.000-Rp 240.000 per karung (18 kg).

“Harga beras saat ini masih stabil. Selain beras, harga sembako (sembilan bahan pokok) lainnya juga masih stabil. Belum ada kenaikan yang signifikan. Ke depan, mungkin harga barang akan naik, terutama saat musim badai di bulan Februari atau Maret 2019.”

Hal ini diungkapkan sejumlah pedagang ketika ditemui POS-KUPANG.COM secara terpisah, Selasa (18/12/2018) petang. Pedagang yang ditemui itu di antaranya Hj. Siti di Toko Tomya, Toko Bintang Jaya dan toko lainnya.

Abdul Rifai pedagang Toko Sinar Cinta, menuturkan, persediaan beras di tokonya masih memadai. Hal serupa juga di toko lainnya dan di Pasar Pada, Lewoleba. Beras yang dijual di pasaran masih dengan harga yang sama seperti bulan-bulan sebelumnya.

Abdul Rifai menyebutkan, stabilnya harga beras dan sembako lainnya itu dilatari oleh lancarnya pasokan beras baik dari Surabaya (Jawa Timur) maupun dari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Bahkan beras dari Sulsel mendominasi penjualan beras di Kabupaten Lembata.

Dominasi pemasaran beras Sulsel itu, lanjut Abdul, sudah terjadi sejak lama. Pasalnya, hampir setiap pekan, kapal pengangkut beras dari Makassar dan daerah lain di Sulsel, tiba di Pelabuhan Lembata. Kapal-kapal tersebut datang membawa beras berton-ton banyaknya.

Konsekuensinya, adalah beras berbagai merek melimpah dengan harga yang bersaing. Beras Super, misalnya, sampai saat ini dijual dengan harga stabil, yalni Rp 550.000 per karung (50 kg). Sementara beras Cap Sayur Rp 530.000 per karung (50 kg). (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Frans Krowin)

Sumber: http://kupang.tribunnews.com/2018/12/18/harga-beras-di-lembata-masih-stabil-didominasi-beras-dari-sulawesi-selatan

Author: admin

Leave a Reply