Dinas Pertanian Pulpis Kembangkan Budi Daya Beras Merah

Dinas Pertanian Pulpis Kembangkan Budi Daya Beras Merah

  • Posted by: admin

This is custom heading element

PULANG PISAU–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau (Pulpis) melalui Dinas Pertanian akan kembali mengembangkan budi daya tanaman padi jenis beras merah. Komoditi tersebut akan disentralkan di Desa Sakakajang, Kecamatan Jabiren Raya.

Kepala Dinas Pertanian Pulpis, Slamet Untung Rianto mengungkapkan, tahun ini pihaknya memang akan melakukan pengembangan padi jenis beras merah.

Dia mengaku, tahun lalu untuk pengembangan padi jenis beras merah ini pihaknya memang mengalami kesulitan untuk mencari benih. “Karena persediaan benih sempat kehabisan, namun tahun ini kami kembali melakukan pengembang padi beras merah,” ujar Slamet.

Untuk penanaman benih beras merah ini sebenarnya juga bisa dilaksanakan di desa lain. Hanya saja, kata dia, rasa beras yang dihasilkan dari desa lain masih kurang kemungkinan dikarenakan ada perbedaan struktur tanah dan sebagainya.

Slamet mengatakan beras merah yang ditanam di Desa Sakakajang itu memiliki cita rasa yang sangat khas. Untuk mendorong pengembangan berad merah di desa tersebut Dinas Pertanian Pulpis mengalokasikan paket lengkap sarana produksi berupa benih, pupuk dan sebagainya.

Ditambahkan Slamet, untuk pemasaran saat ini tidak menjadi permasalahan. Yang pasti dikatakannya produksi ada, pembeli bahkan datang sendiri. Untuk harga, ujarnya, masih belum tahu persis yang pasti sangat berbeda dari beras pada umumnya.

Slamet juga menginginkan produksi beras merah di Pulpis terus meningkat. Sehingga, kabupaten ini juga dikenal branding beras merah. “Sehingga masyarakat yang ingin mencari beras merah bisa ke Pulang Pisau. Mengingat beras merah juga cukup diminati,karena merupakan beras yang rendah kalori,” kata Slamet.

Selain itu, dia juga menginginkan, ke depan beras merah Pulpis bisa dijual dalam bentuk kemasan yang lebih menarik. “Kita punya potensi kearah sana. Untuk itu kami mendorong peningkatan produksi beras merah di Pulang Pisau. Sehingga petani bisa meningkatkan hasil produksi dan meningkatkan perekonomian petani itu sendiri,” tandasnya. (mcp/art/nto)

Sumber : https://kaltengpos.co/berita/-40058-dinas_pertanian_pulpis_kembangkan_budi_daya_beras_merah.html

Author: admin

Leave a Reply