Cek manfaat beras hitam dan beras merah, mana yang lebih sehat?

Cek manfaat beras hitam dan beras merah, mana yang lebih sehat?

  • Posted by: admin

beras merah vs beras hitam (Kolase foto Pixabay)

Hops.ID – Ada banyak jenis beras di pasaran seperti beras putih, beras merah dan beras hitam. Tidak hanya berbeda warna dan rasa, semua jenis beras memiliki nilai gizi berbeda.

Dibandingkan beras putih, beras yang berwarna, entah itu hitam atau merah dianggap memiliki lebih banyak nutrisi. Tapi, di antara beras merah dan hitam, mana yang lebih baik?

“Beras merah merupakan jenis beras yang tidak dikupas atau dikuliti sebagian. Sumber serat, vitamin B, kalsium, seng dan zat besi, mangan, selenium, magnesium dan nutrisi lainnya,” kata dr. Gargi Sharma, dokter spesialias di New Delhi, dilansir Hops.ID dari NDTV, Senin, 23 Mei 2022.

Ia juga menambahkan bahwa beras merah juga kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Beras merah

Beras merah mendapatkan warnanya dari antioksidan yang disebut antosianin. Senyawa ini dipercaya memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan, alergi dan mencegah risiko kanker.

Beras merah dianggap sebagai gandum utuh karena mempertahankan seluruh biji gandum, termasuk kuman, dedak dan endosperma.

Beras merah dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan serat dan zat besi harian. Biasanya, seseorang yang lagi diet akan mengonsumsi beras merah karena bisa mengendalikan rasa lapar dengan memperlambat pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa beras merah memiliki potensi lebih besar untuk melawan radikal bebas karena mengandung konsentrasi antioksidan flavonoid yang lebih tinggi.

Flavonoid dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh, menjaga kadar radikal bebas dan mengurangi risiko kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Kandungan nutrisi pada 100 gram beras merah adalah 7 gram protein, 2 gram fiber dan 5,5 gram zat besi.

Beras hitam

Beras hitam dipercaya kaya akan serat, antioksidan, fitonutrien, fitokimia, vitamin E, protein, zat besi dan nutrisi lainnya. Tingginya kandungan senyawa antosianin dalam beras hitam dipercaya dapat mencegah risiko terkena kanker.

Kandungan gula dan glikemik yang rendah membuat beras hitam baik dikonsumsi oleh pasien jantung, penderita diabetes serta kamu yang memiliki tekanan darah tinggi.

Dalam 100 gram beras hitam mengandung 8,5 gram protein; 3,5 gram zat besi dan 4,9 fiber. Dibandingkan varietas lain, beras hitam memiliki jumlah antioksidan tertinggi.

“Satu sendok beras hitam mengandung lebih banyak antioksidan seperti antosianin daripada yang ditemukan dalam sesendok bluberi. Namun, dengan lebih sedikit gula, lebih banyak serat, vitamin dan antioksidan,” kata Zhimin Zu, profesor di Louisiana State University, Amerika Serikat.

Sumber : https://www.hops.id/fit/pr-2943451619/cek-manfaat-beras-hitam-dan-beras-merah-mana-yang-lebih-sehat?page=all

Author: admin

Leave a Reply