Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Mudah, Cukup dengan Tiga Bahan Alami Ini

Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Mudah, Cukup dengan Tiga Bahan Alami Ini

  • Posted by: admin

ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Mudah, Cukup dengan Tiga Bahan Alami Ini

KONTAN.CO.ID – Jakarta. Simak cara menghilangkan kutu beras secara mudah berikut ini. Dengan cara ini, kutu beras akan hilang selamanya.

Cara menghilangkan kutu beras bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Cara ini, beras bebas dari kutu beras dan aman dikonsumsi.

Layaknya tepung dan berbagai bahan nabati kering lainnya, beras juga rawan didatangi kutu. Kutu senang bersarang di gandum dan beras karena bahan nabati ini adalah sumber pangan mereka dan bisa dijadikan sebagai sarang dari telur-telur mereka.

Mengutip dari penelitian yang ditayangkan di Insect Biochemistry and Molecular Biology tahun 2016, kutu beras yang berupa kumbang pengerek senang menggunakan pectin yang ada di dalam beras sebagai sumber energi mereka. Sedangkan kutu betina akan menggunakan beras sebagai sarang telur.

Telur kutu akan bertahan di tumpukan beras, memakan beras sebagai sumber nutrisi, tumbuh dewasa sebagai kutu dan mencari pasangan, kemudian bertelur di dalam beras. Begitu seterusnya.

Agar simpanan beras Anda tak dibuat sarang kutu, cermatlah dalam membeli dan menyimpan beras. Melansir dari Livestrong, ketika membeli beras pastikan dahulu apakah ada kutu atau tidak di dalamnya.

Karena beras yang sudah tersimpan lama di dalam gudang rawan ditumbuhi kutu. Beras yang tersimpan lama di dalam gudang rawan ditumbuhi kutu.

Kemudian simpan beras di dalam lemari pendingin selama minimal satu minggu untuk memastikan telur kutu yang tertinggal di dalamnya mati semua. Jika lemari pendingin Anda tak memiliki banyak ruang, Anda bisa menyimpan beras di dalam kulkas sedikit demi sedikit demi membunuh telur kutu yang mungkin ada.

Selepas keluar dari kulkas, pilah butiran beras yang sekiranya tak lagi utuh atau berongga. Buang agar tak mencemari butiran beras yang masih utuh dan dalam kondisi bagus.

Kemudian masukkan beras ke dalam wadah penyimpanan yang terbuat dari metal atau plastik yang bertutup rapat. Kutu atau kumbang pengerek tak bisa memasuki wadah yang terbuat dari metal dan plastik.

Ada beberapa cara menghilangkan kutu beras saat disimpan. Melansir dari Indianexpress, berikut ini bahan alami yang bisa dimasukkan ke dalam penyimpanan beras untuk menghilangkan kutu beras:

1. Daun salam

Cara pertama menghilangkan kutu beras adalah menggunakan daun salam. Di kotak penyimpanan beras, masukkan beberapa lembar daun salam yang sudah kering. Aroma dari daun salam dihindari oleh kumbang pengerek, sehingga mereka tak mau bersarang di dalamnya.

2. Cengkih

Cara kedua menghilangkan kutu beras adalah menggunakan cengkih. Anda juga bisa memasukkan beberapa butir cengkih ke dalam wadah penyimpanan beras. Kutu beras juga tak menyukai bau cengkih.

Gunakan minyak cengkih untuk membersihkan area terluar dari wadah penyimpanan beras. Usapkan merata agar tak ada kutu beras yang berani mendekat.

3. Bawang putih

Cara ketiga menghilangkan kutu beras adalah menggunakan bawang putih. Masukkan beberapa siung bawang putih yang belum dikupas ke dalam wadah penyimpanan beras.

Ganti dengan bawang putih yang masih segar setiap beberapa hari sekali. Kutu juga tak menyukai aroma bawang putih sehingga akan menjauh dari wadah penyimpanan beras.

Cara menghilangkan kutu beras yang sudah muncul

Bagaimana jika kutu beras terlanjur muncul? Bagaimana cara menghilangkan kutu beras tersebut?

Jika di dalam beras sudah terlanjur ditumbuhi kutu, letakkan beras di nampan besar dan diamkan di bawah sinar matahari. Kutu tak menyukai panas dari sinar matahari dan akan pergi dari tumpukan beras untuk mencari tempat yang dingin dan teduh.

Itulah beragam cara menghilangkan kutu beras. Selamat mencoba!

Sumber : https://kiaton.kontan.co.id/news/cara-menghilangkan-kutu-beras-secara-mudah-cukup-dengan-tiga-bahan-alami-ini

Author: admin

Leave a Reply