Bupati Mempawah Panen Raya Padi Beras Hitam dan Merah di Sadaniang

Bupati Mempawah Panen Raya Padi Beras Hitam dan Merah di Sadaniang

  • Posted by: admin

Bupati Mempawah, Erlina Lakukan Panen Raya Padi Beras Hitam dan Merah di Sadaniang, Selasa (3/3/2020)..

MEMPAWAH – Kecamatan Sadaniang terpilih menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Mempawah yang termasuk Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN).

Alasan utamanya menurut Bupati Mempawah, Erlina karena Sadaniang memiliki potensi yang besar di bidang pertanian.

“Hal tersebut dibuktikan dengan berhasilnya masyarakat menghasilkan produksi Padi Beras Merah dan Beras Hitam.”

“Maka untuk suksesnya pembangunan dan pengembangan Kecamatan Sadaniang sebagai KPPN, dibutuhkan dukungan yang maksimal dari pemerintah baik Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, Desa dan Masyarakat itu sendiri,” ujar Bupati, Selasa (3/3/2020).

Bupati mengatakan Kabupaten Mempawah menjadi salah satu daerah yang menjalin kerjasama dengan pemerintah kanada dalam meningkatkan hasil pertanian padi organic melalui program responsive innovation fund (RIF).

RIF menurutnya merupakan program yang berfokus pada kegiatan agropolitan.

“Kecamatan Sadaniang akan menjadi wilayah binaan dalam pengembangan ekonomi local yaitu budidaya Padi Beras Merah dan Padi Beras Hitam berwawasan lingkungan.”

“Program ini lahir karena usulan dari pemkab mempawah kepada bappenas RI. Alhamdulillah ini terwujud, karena sadaniang merupakan salah satu fokus daerah pembangunan yang terdapat di visi-misi pemerintahan kami,” ungkapnya.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan Program RIF Pemerintah Kabupaten Mempawah beserta pemangku kepentingan dan Masyarakat Petani bersama-sama untuk dapat menciptakan inovasi pembangunan ekonomi daerah yang ramah lingkungan, responsive gender serta bertata kelola yang baik.

“Kami harap program RIF ini dapat menstimulasi dan mendorong inovasi pembangunan ekonomi lokal dan meningkatkan iklim investasi melalui pendekatan-pendekatan inovatif untuk pengembangan produk unggulan daerah yang mendorong laju sector ekonomi khususnya bagi masyarakat di Sadaniang,” ungkapnya.

Bupati juga menekankan dalam implementasinya pemkab mempawah akan meminta kepada pemerintah pusat untuk kembali memberikan program agropolitan seperti ini di desa lainnya di Kecamatan Sadaniang.

Hal ini sebagai komitmen bahwa pemkab serius dalam pembangunan di Kecamatan Sadaniang.

“Adapun desa tersebut adalah desa sekabuk, desa bunbun, desa ansiap dan desa suak barangan. Saat ini desa di sadaniang menjadi percontohan bagi desa lain di Kabupaten Mempawah.”

“Kami ingin Beras Hitam dan Merah yang telah berhasil di panen di sadaniang ini menjadi beras unggulan local, karena murni organic, lebih sehat dan tidak ada kandungan pestisida didalamnya,” ujarnya.

Ia berharap apabila produk unggulan ini mampu berkembang maka tidak menutup kemungkinan produk-produk ini dapat di ekspor ke luar negeri.

“Hal ini semakin mudah karena pintu keluar dan masuk untuk ekspor berada di Kabupaten Mempawah melalui pelabuhan Internasional Kijing,” pungkasnya.

Sumber : https://pontianak.tribunnews.com/2020/03/03/bupati-mempawah-panen-raya-padi-beras-hitam-dan-merah-di-sadaniang?page=all

Author: admin

Leave a Reply