Bupati Khalillurrahman Dukung Indonesia Swasembada Beras 2045, Ini Langkah yang Dilakukan

  • Posted by: admin

Ketua Kelompok Tani Bina Guna Untung Wahyu Purnomo semringah memperlihatkan hasil panenan bawang merahnya yang kini mulai dikembangkan kalamhan petani di kampungnya di Desa Pejambuan, Kecamatan Sungaitabuk.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA – Bupati Banjar H Khalilurrahman memiliki perhatian khusus terhadap pengembangan tanaman padi di daerahnya, Kabupaten Banjar. Upaya peningkatan priloduksi dan produktivitas padi pun terus dilakukan.

Setidaknya hingga saat ini Banjar masih menjadi daerah penyangga beras di Provinsi Kalimantan Selatan. Bahkan daerah berjuluk Bumi Barakat ini masih mampu mempertahankan surplus beras hingga hampir 50 persen dari kebutuhan warga Banjar.

“Alhamdulilllah Banjar surplus beras. Lebih dari itu Banjar akan melakukan hal yang lebih besar lagi untuk mendukung program nasional Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada 2045 mendatang,” tegas Khalillurrahman, Selasa (30/10/2018).

Penegasan itu ia utarakan di hadapan kalangan petani di Desa Pejambuan, Kecamatan Sungaitabuk guna memberi semangat pentingnya meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman padi. Termasuk upaya melakukan diversifikasi komoditas pertanian.

Upaya yang dilakukan pemerintahannya antara lain yakni memanfaatkan lahan-lahan tidur yang masih banyak beterbaran di sejumlah tempat. “Jangan biarkan lahan tidur, ayo dimanfaatkan, ditanami berbagai jenisnl tanaman,” seru Khalillurrahman.

Ia juga bertekad menempatkan Banjar menjadi daerah yang kuat di Kalsel. Tak cuma menjadi penyangga beras Kalsel, tapi penyangga pangan. Karena itu program diversifikasi pertanian terus digalakkan dengan memperbanyak penanaman berbagai komoditas tanaman.

Di antaranyq, sebut Khalillurrahman, mengembangkan bawang merah yang ternyata sangat cocok dengan kondisi tanah pertanian di Kabupaten Banjar. Terbukti, ujicoba penanaman bawang merah di Desa Pejambuan sukses.

Sumber: http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/10/31/bupati-khalillurrahman-dukung-indonesia-swasembada-beras-2045-ini-langkah-yang-dilakukan

Author: admin

Leave a Reply