Bulog Kalbar Pastikan 13 Ribu Ton Stok Beras Aman untuk 6 Bulan ke Depan

Bulog Kalbar Pastikan 13 Ribu Ton Stok Beras Aman untuk 6 Bulan ke Depan

  • Posted by: admin

Ilustrasi beras di Gudang Bulog.

PONTIANAK – Bulog Kalimantan Barat (Kalbar) memastikan ketersediaan stok beras untuk masyarakat Kalbar enam bulan ke depan aman, yakni sekitar 13 ribu ton.

“Sampai saat ini stok beras kita cukup. Secara operasional rutin bulog, stok kita cukup untuk enam bulan ke depan,” ungkap Kepala Divre Bulog Kalbar, Bubun Subroto kepada Tribun, Jumat (20/3/2020).

Bahkan, jelang ramadhan dan hari raya idul fitri nanti.Bubun meminta masyarakat tetap tenang.

Karena selain beras, komoditi pangan lainnya tersedia dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Mulai dari stok daging beku, minyak goreng hingga terigu. Serta kebutuhan makanan pokok, yakni beras semuanya sudah siap. Masyarakat tidak perlu khawatir,” pintanya.

Lebih lanjut, Bubun mengatakan pihaknya juga menggelar operasi pasar, terutama beras melalui Program Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Harga (KPSH).

“Jadi kami telah ditugaskan dari kementrian perdagangan untuk melakukan operasi pasar dari Januari hingga Desember,” jelasnya.

Terkait kestabilan harga beras, Bubun mengungkapkan dengan adanya tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dipastikan tidak ada lonjakan harga yang terjadi di pasar.

“Harga beras mulai dari Januari hingga saat ini masih normal, tidak ada terjadi gejolak harga,” bebernya.

Menurutnya, meskipun ada ditemukan kenaikan harga.

Namun semuanya masih tahap wajar dan di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

Pria berkacamata ini pun mengimbau agar masyarakat Kalbar tidak panic buying, yakni membeli barang dalam jumlah besar dan mengakibatkan keresahan.

“Di tengah isu virus corona ini, saya minta kepada masyarakat jangan khawatir, karena stok beras di bulog aman. Dan kami akan melakukan penambahan stok untuk pangan-pangan yang lainnya,” terangnya.

Berdasarkan tugas dan fungsi bulog sendiri yakni menjaga stok kebutuhan pokok dan mengendalikan harga, terutama yang dikelola oleh bulog.

Sumber : https://pontianak.tribunnews.com/2020/03/20/bulog-kalbar-pastikan-13-ribu-ton-stok-beras-aman-untuk-6-bulan-ke-depan?page=all

Author: admin

Leave a Reply