Bulog Jateng Jamin Stok Beras Aman Selama Kemarau

Bulog Jateng Jamin Stok Beras Aman Selama Kemarau

  • Posted by: admin

Ilustrasi Kantor Divisi Regional Bulog Jateng di Jalan Menteri Supeno Mugas sari Semarang (GATRA/Umardani/ar)

Semarang, Gatra.com – Menghadapi musim kemarau panjang, kebutuhan bahan pokok di Jawa Tengah dinilai masih aman. Stok beras di Divisi Regional (Divre) Perum Bulog Jawa Tengah saat ini mencapai 160 ribu ton.

Kepala Divisi Regional Badan Urusan Logistik (Bulog) Jawa Tengah Taufan Akib mengatakan, panen raya yang terjadi di Jawa Tengah sudah hampir selesai menjelang datangnya musim kemarau panjang ini.

Menurut Taufan, wilayah Jawa Tengah yang masih panen padi ada berada di wilayah Kabupaten pekalongan, Brebes dan Pemalang.

“Daerah Demak, Pati, Blora, dan Rembang baru saja panen dengan tingkat serapan yang cukup tinggi, dengan tingkat serapan beras rata-rata 500 ton per hari,” kata Taufan kepada Gatra.com di ruang kerjanya, Jumat (6/9).

Taufan mengatakan, sekarang ini, jumlah total stok yang ada di kantor Bulog Jateng itu sekitar 160 ribu ton beras, sedangkan untuk tingkat nasional stok beras mencapai 2,5 juta ton.

“Artinya, kalau memang ada kekurangan stok di daerah, bisa di subsidi dari daerah lain, stok bisa kita geser ke daerah lain yang membutuhkan,” kata Taufan.

Untuk harga jual gabah di pasaran di Jawa Tengah, kata Taufan, harga Gabah Kering Panen (GKP) sudah cukup tinggi sekitar Rp5.000 per kilogram, tentunya harga ini jauh diatas harga pokok penjualan (HPP) dari pemerintah yang hanya Rp3.500 per kilogram.

“tentunya dengan harga jual seperti itu, petani akan senang karena mendapat untung,” kata Taufan.

Sumber : https://www.gatra.com/detail/news/442933/ekonomi/bulog-jateng-jamin-stok-beras-aman-selama-kemarau

Author: admin

Leave a Reply