Bulog Cirebon Jamin Stok Beras Aman Hingga 2021

Bulog Cirebon Jamin Stok Beras Aman Hingga 2021

  • Posted by: admin

Ilustrasi. (Net)

Ciremaitoday.com, Cirebon – Bulog Cirebon memastikan ketersediaan beras hingga 2021 mendatang dalam keadaan aman. Saat ini, Bulog Cirebon memiliki stok beras sebanyak 100.000 ton.

Bulog Kantor Cabang Cirebon menduduki peringkat tertinggi dalam pengadaan gabah/beras DN se-Indonesia sebanyak 79.220 ton setara beras.

Kepala Perum Bulog Cabang Cirebon Topan Ruspayandi mengatakan, ketersediaan beras di wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka (Ciayumajakuning) dalam keadaan aman hingga 2021 mendatang (Asumsi penyaluran 5.000 ton per bulan).

“Untuk mencapai angka yang diharapkan, kami menyiapkan space dalam rangka penyerapan gabah atau beras petani MT I 2020,” katanya, Rabu (27/11/2019).

Ia menjelaskan, tugas publik Perum BULOG berdasarkan Inpres No. 3 tahun 2012 adalah menjaga 3 pilar ketahanan pangan yaitu Pilar Ketersediaan, Pilar Keterjangkauan, dan Pilar Stabilitas.

“BULOG bertanggungjawab untuk melakukan pengadaan gabah atau beras dalam negeri dalam jumlah yang cukup untuk kepentingan Cadangan Beras Pemerintah (CBP),” terangnya.

Pihaknya, terus berupaya untuk menjamin ketahanan pangan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan melakukan ‘panic buying’ karena ketahanan stok kita mencapai 20 bulan.

“Masyarakat tidak perlu panik dan membeli dalam jumlah banyak. Baik hari biasa maupun hari-hari besar, stok beras aman terkendali,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), prinsipnya Bulog siap memberikan kualitas dan kuantitas terbaik, harga terbaik, distribusi dan pelayanan terbaik.

“Di bulan Oktober 2019 Bulog telah melayani 601 agen BPNT di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, dan Majalengka, dan sampai saat ini beras Bulog diterima dengan baik oleh masyarakat,” pungkasnya.

Sumber : https://kumparan.com/ciremaitoday/bulog-cirebon-jamin-stok-beras-aman-hingga-2021-1sKmt26cWLO

Author: admin

Leave a Reply