Stok Beras Aman, Bulog: Perlu Waspada Permainan Harga

  • Posted by: admin

Foto: Selfie Miftahul Jannah

Yogyakarta – Direktur Utama Bulog, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menjamin stok beras aman sampai lebaran besok. Pihaknya yakin lebaran kali ini tidak ada gejolak harga, apalagi terjadi kekurangan pasokan bahan pangan di pasaran.

“InsyaAllah (stok beras) lebaran aman, karena hitungannya juga aman,” kata Budi kepada wartawan sesuai menghadiri ‘gerakan stabilisasi harga pangan’ di Desa Kebonagung. Kecamatan Imogiri, Bantul, Sabtu (5/5/2018) sore.

“Hari ini pun kita lihat sendiri. Stok yang sudah masuk, impor, itu juga banyak. Jadi untuk puasa-lebaran itu tidak mungkin ada gejolak atau kekurangan beras,” lanjutnya.

Menurutnya, walaupun stok beras aman hingga dua bulan ke depan, namun pemerintah perlu tetap waspada. Sebab, sangat mungkin terdapat oknum yang memainkan harga beras di pasaran, sehingga terjadi gejolak di pasaran.

“Kita minta bantuan masyarakat. Supaya kalau ada hal-hal yang seperti itu (permainan harga), segera melaporkan, menginformasikan kepada Bulog, ke kepolisian atau ke kodim dan koramil yang ada. Supaya bisa segera ditindaklanjuti,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi permainan harga beras, kini Bulog tidak akan lagi menggelontorkan beras curah ke masyarakat. Melainkan, Bulog akan mendistribusikan beras sudah dalam bentuk kemasan.

“Itu (beras kemasan) untuk jaminan bahwa beras itu tidak dipermainkan dan tidak disimpan oleh kelompok-kelompok yang menimbun,” ungkapnya.

Baca juga: Jadi Dirut Bulog, Buwas akan Gandeng TNI-Polri Jual Beras

Selain beras, lanjut Budi, pihaknya juga menjamin stok bahan pangan seperti gula, minyak, daging dan lain-lainnya aman. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk menjamin pasokan di pasangan.

“Karena ini sudah perintah Pak Presiden. Jadi kita menjamin ketersediaan (bahan pangan), harga yang stabil dan berkualitas,” tandasnya. (dna/dna)

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4007057/stok-beras-aman-bulog-perlu-waspada-permainan-harga

Author: admin

Leave a Reply