Amankan Harga Beras, Mendag Minta Bulog Segera Operasi Pasar

  • Posted by: admin

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito memrediksi, dampak langsung perang dagang AS-China terhadap Indonesia dalam jangka pendek relatif kecil. (Dok. Humas Kemendag)

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perdagangan ( Mendag) Enggartiasto Lukita meminta Perum Bulog untuk segera melakukan operasi pasar dalam rangka mengamankan stok dan harga beras.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi pemerintah, Bulog diperintahkan sebelumnya untuk mengimpor beras guna memenuhi kebutuhan dalam negeri selama setahun ini, dengan total 2 juta ton.

“Seperti di rakor sebelumnya, kami minta untuk Bulog siapkan operasi pasar. Bukan Bulog jualan di depan pasar, tetapi pedagang pasar jual beras Bulog dengan margin yang cukup,” kata Enggar usai rapat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis (6/9/2018).

Enggar mengungkapkan, pemerintah menaruh perhatian khusus untuk masalah beras karena perannya sangat signifikan dalam menjaga tingkat inflasi hingga akhir tahun. Jika sampai harga beras bergejolak dan stoknya bermasalah, akan berdampak pada banyak hal yang berujung perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Beras juga jadi indikator dalam menentukan tingkat kemiskinan yang belakangan sempat turun signifikan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, dari data terakhir per Maret 2018, persentase penduduk miskin di Indonesia turun jadi 9,82 persen atau setara dengan 25,95 juta orang.

Capaian itu merupakan yang pertama kalinya persentase penduduk miskin pada level single digit. Berkurangnya jumlah penduduk miskin utamanya disebabkan faktor inflasi yang terjaga selama periode penelitian profil kemiskinan oleh BPS, dari September 2017 sampai Maret 2018 sebesar 1,92 persen.

Kepala BPS Suhariyanto juga pernah menyampaikan, pemerintah perlu mewaspadai komponen harga bergejolak untuk menjaga tingkat inflasi tahun ini. Kekhawatiran itu didasari dari potensi peningkatan dan komponen harga bergejolak atau volatile food yang berkontribusi terhadap inflasi.

“Beras merupakan makanan utama makanya jadi perhatian khusus,” tutur Enggar. Secara terpisah, Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh menyebut harga beras di beberapa titik sudah turun setelah sebelumnya sempat naik sedikit. Terhadap arahan Enggar, Tri memastikan Bulog siap untuk melaksanakan operasi pasar.

“Kami akan tetap waspada dan Bulog masih diminta untuk operasi pasar,” ujar Tri.

Sumber: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/06/141500626/amankan-harga-beras-mendag-minta-bulog-segera-operasi-pasar-

Author: admin

Leave a Reply