7 Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan, Baik untuk Jantung

7 Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan, Baik untuk Jantung

  • Posted by: admin

Manfaat Beras Hitam untuk Diabetes Mellitus (Liliya Kandrashevich/Shutterstock)

Bola.com, Jakarta – Beras hitam diklaim memiliki khasiat dan nutrisi yang lebih baik daripada nasi putih. Manfaat beras hitam angat banyak untuk kesehatan.

Beras putih adalah jenis beras yang sangat familier bagi masyarakat Indonesia. Walau begitu, sudah banyak orang beralih mengonsumsi ke beras hitam karena manfaatnya baik untuk kesehatan tubuh.

Sama seperti namanya, warna beras jenis ini adalah hitam. Bulir beras ini dipertahankan sifat alaminya karena tidak melewati proses pemutihan.

Dilansir dari laman SehatQ, pada zaman dahulu beras hitam hanya dikonsumsi oleh keluarga kerajaan di China. Bangsawan China mepercayai beras hitam dapat memperpanjang umur sehingga disajikan sebagai makanan pokok.

Beras hitam menjadi alternatif makanan demi meningkatkan kesehatan tubuh. Beras yang termasuk jenis Oryza sativa L kini dinobatkan menjadi salah satu biji yang paling sehat di dunia. Di pasar Indonesia, permintaan kebutuhan beras hitam sangat meningkat.

Ada dua varietas yang mudah ditemukan di pasaran Indonesia yaitu, beras hitam Indonesia dan beras hitam melati Thailand. Bola.com telah merangkum berbagai macam manfaat beras hitam yang baik bagi tubuh Anda dari berbagai sumber, Selasa (25/02/2020).

1. Mencegah Diabetes

Beras hitam dipercaya dapat mengurangi gula darah pada tubuh Anda. Beras hitam cocok dikonsumsi bagi penderita hiperglikemia (gula darah tinggi).

Selain dapat mengurangi gula darah pada penderita hiperglikemia, beras hitam mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar glukosa darah pada tubuh Anda agar tehindar dari diabetes.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berdasar penelitian, makan beras hitam efektif untuk mengurangi risiko penyumbatan darah di ateri. Penyumbatan darah di ateri Anda disebabkan adanya pembentukan plak aterosklerotik yang berakibat memiliki risiko serangan jantung dan stroke.

Antosianin dan senyawa gizi lainnya yang terkandung dipercaya bisa menjaga kadar glukosa, kolesterol, dan trigliserida sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tokotrienol antioksidan yang terkandung dalam beras hitam dapat menekan aksi enzim pembuatan kolesterol dalam tubuh Anda.

Beras hitam juga memiliki kandungan Flavonoid yang dapat menurunkan risiko berkembangnya penyakit jantung Anda. Makan nasi hitam dikatakan dapat memangkas angka kematian manusia yang cukup tinggi dari penyakit tersebut.

3. Melancarkan Pencernaan

Anda seering mengalami susah Buang Air Besar (BAB)? Beras hitam dapat menjadi solusi untuk melancarkan pencernaan Anda.

Tingginya kandungan serat yang terkandung pada beras hitam dapat menghilangkan, mencegah, dan menyembuhkan masalah pencernaan Anda. Salah satu kandungan pada beras hitam adalah Antosianin.

Selain dapat memperlancarkan pencernaan Anda, kandungan antosianin memiliki banyak fungsi, seperti menekan sel tumor, mengontrol gula darah.

4. Mencegah Obesitas

Obesitas adalah kegemukan pada kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Penelitian menunjukan mengonsumsi beras hitam mampu mencegah kandungan insulin dan berisiko meningkatkan obesitas bagi Anda.

Tekstur yang lebih padat, kaya akan serat dan rendah kalori akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kadar karbohidrat yang sedikit sangat membantu Anda yang sedang melakukan program diet demi menjaga verat badan ideal.

5. Terbebas dari Gluten

Sebagian orang menderita alergi terhadap gluten. Penyakit masalah pencernaan terkait sensitivitas terhadap gluten.

Penyakit Celiac adalah salah satu penyakit sensitivitas langka terhadap gluten. Kandungan protein dan gandum (barley) pada beras hitam terbebas dari gluten secara alami.

Jika Anda menderita alergi terhadap gluten, gejala yang dialami dapat merusak usus dan efek sampingnya meningkatkan risiko sindrom usus bocor.

6. Meningkatkan Kesehatan Hati dan Fungsi Otak

Kandungan antosianin dalam beras hitam dapat mengurangi risiko penyimpanan lemak di hati, mengembalikan struktur fungsi hati dan meregenerasi sel di hati. Penumpukan lemak pada hati menimbulkan stres oksidatif dan peradangan dan berdampak menimbulkan risiko penyakit hati.

Selain menjaga kesehatan hati, beras hitam dapat melindungi sel-sel otak karena kaya akan antioksidan. Menjaga kinerja kognitif otak dan membatasi efek buruk penuaan otak yang bisa menurunkan daya ingat otak Anda.

7. Membentuk Sel dan Jaringan Tubuh

Manfaat beras hitam juga untuk membangun berbagai jaringan tubuh dan membentuk sel. Kandungan beras hitam yang kaya akan protein nabati. Protein nabati dari beras hitam juga berguna untuk membangun jaringan tulang dan kulit.

Sumber : https://www.bola.com/ragam/read/4187038/7-manfaat-beras-hitam-bagi-kesehatan-baik-untuk-jantung

Author: admin

Leave a Reply