6 Manfaat Ajaib Beras Merah bagi Tubuh yang Sering Disepelekan Orang

6 Manfaat Ajaib Beras Merah bagi Tubuh yang Sering Disepelekan Orang

  • Posted by: admin

Bupati Klaten Sri Mulyani saat melakukan sidak beras di penggilingan padi Desa Kepanjen, Kecamatan Delanggu, Klaten.

Ternyata, selain beras putih juga ada lho beras yang berwarna merah. Namun, biasanya orang kerap mengonsumsi beras merah ini untuk menjalankan program diet saja. Mengapa untuk diet? Karena kandungan kalori yang ada pada beras merah lebih rendah dari kalori pada beras putih. Kandungan kalori yang rendah pada beras merah ini sangat efektif untuk menurunkan kalori dalam tubuh kamu, sehingga akan membuat berat badan turun dengan sendirinya.

Mengonsumsi beras merah juga dapat membuat perut kamu tidak mudah lapar lho, mengapa? Karena kandungan karbohidrat komplek pada beras merah dapat menyuplai energi secara berkala dalam tubuh. Selain bagus untuk diet dan juga membuat perut tidak mudah lapar, beras merah juga banyak memiliki manfaat lainnya lho yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Berikut ulasan 6 manfaat ajaib beras merah untuk tubuh.

1. Mengontrol kadar gula dalam darah
Meski harga beras merah lebih mahal daripada beras putih, tetapi beras merah kaya akan manfaat lho untuk kesehatan terutama bagi para penderita diabetes. Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari beras putih lho, sehingga dapat menurunkan resiko peningkatan kadar gula dalam darah.

Mengapa bisa? Karena semakin rendahnya indeks glikemik yang ada pada bahan makanan, akan semakin turun juga risiko peningkatan kadar gula dalam darah setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Selain itu, indeks glikemik yang rendah dapat mengatur kadar gula dalam darah dan produksi insulin. Dengan mengonsumsi beras merah maka kadar gula dalam darah kamu akan dapat terkontrol dengan baik.

2. Mencegah kanker
Mengonsumsi beras merah juga akan membuat kamu terhindar dari penyakit kanker lho, mengapa bisa? Karena beras merah mengandung zat selenium dan polifenol yang bisa menjaga tubuh terhindar dari penyebab penyakit kanker. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada pada beras merah dapat mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

3. Menurunkan kadar kolestrol
Kadar kolestrol yang tinggi dalam tubuh dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit kronis seperti gagal jantung, stroke dan diabetes. Jika kadar kolestrol dalam darah kamu cukup tinggi, maka sebaiknya kamu dapat mengubah menu makan kamu dengan mengonsumsi makanan sehat seperti beras merah.

Mengapa beras merah? Karena beras merah mengandung asam gamma-aminobutyric (GABA), yang diketahui sebagai zat yang mampu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Beras merah mengandung magnesium dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang dan juga gigi. Dengan terpenuhinya kebutuhan dua mineral yang penting untuk tubuh tersebut, akan membuat kesehatan tulang dan gigi kamu menjadi terjaga.

5. Mencegah penyakit jantung
Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada beras merah dapat membantu membersihkan plak yang terkumpul pada arteri dan melancarkan aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Aliran darah yang mengalir dengan lancar ini, akan mencegah kamu terkena penyakit jantung.

6. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat yang ada pada beras merah tidak hanya membuat kamu merasa kenyang lebih lama, tetapi juga bisa melancarkan sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang lancar, maka akan membuatmu terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang sistem pencernaanmu, seperti iritasi usus, kanker usus, sembelit dan wasir.

Nah, itulah ulasan singkat dari manfaat ajaib beras merah untuk tubuh kita, berminat untuk mencobanya?

Sumber: https://www.idntimes.com/food/diet/eliza/6-manfaat-ajaib-beras-merah-untuk-tubuh-kita-c1c2-1/full

Author: admin

Leave a Reply