6 Macam Beras Rendah Kalori, Cocok untuk Diet juga Bermanfaat Jaga Kesehatan Tubuh

6 Macam Beras Rendah Kalori, Cocok untuk Diet juga Bermanfaat Jaga Kesehatan Tubuh

  • Posted by: admin

Ilustrasi beras merah. /Pixabay/pictavio/

BERITASOLORAYA.com – Untuk Anda yang sedang melakukan diet, baik itu untuk menjaga kesehatan tubuh maupun untuk membentuk tubuh ideal, tentu akan melakukan berbagai program diet.

Salah satunya dengan menjaga pola makan, atau mengonsumsi makanan yang rendah kalori. Sehingga Anda bisa mengatur jumlah dan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Adapun beras putih sering dihindari karena memiliki kalori dan kadar gula yang cukup tinggi, jadi dihindari oleh orang yang sedang berdiet.

Tahukah Anda terdapat pengganti beras putih yang rendah akan kalori juga bergizi, dengan demikian Anda tak perlu khawatir.

Dikutip dari BeritaSoloRaya.com melalui situs Indonesian Chef Association pada 8 Januari 2022, berikut adalah enam beras rendah kalori cocok untuk diet.

1.Beras Merah

Diketahui bahwa beras merah mengandung antioksidan flavonoid, juga magnesium yang berfungsi untu menjaga kesehatan tulang.

Manfaat lainnya adalah untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Untuk kalori yang terkandung dari beras merah ini adalah sebanyak 149 kalori per 100 gram.

2. Beras Cokelat

Beras yang satu ini cocok digunakan untuk program diet sebab tinggi akan serat, juga bermanfaat untuk mengurangi berbagai resiko penyakit. Diantaranya, kanker, jantung dan gangguan pernapasan.

Selain itu, rendah akan kandungan glikemik, sehingga aman untuk penderita diabetes, juga cocok untuk orang yang menghindari gluten karena mengidap intoleransi gluten (alergi).

Untuk kalori yang terkandung dari beras cokelat ini adalah sebanyak 111 kalori per 100 gram.

3. Beras Hitam

Beras hitam berbeda dengan ketan hitam, sehingga memiliki kandungan yang berbeda juga.

beras ini mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti, vitamin E, B1, B2, B3, Zinc, Fosfor, Niacin.

Manfaatnya pun dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Untuk kalori yang terkandung dari beras hitam ini adalah sebanyak 280 kalori per satu cangkir.

4. Beras Shirataki

Beras yang berasal dari jepang ini merupakan hasil rekayasa dari olahan akar tanaman ubi konjak loh.

Manfaat yang dapat diroleh dari mengongsumsi beras ini adalah, menjaga stabilitas gula darah dan melancarkan sistem pencernaan, dan menurunkan kolesterol.

Sebab, tiap 100 gram beras shirataki mengandung 1,69 dram zat besi, sehingga cocok untuk menjaga kesehata juga dapat digunakan untu berdiet.

Juga mengandung zat glukomanan, yangmana masuk ke dalam jenis serat yang larut dalam air serta rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat.

5. Beras Basmati

Ternyata beras ini telah ada sejak ribuan tahun lalu di India dan Pakistan. Beras yang dibudidayakan ini menjadi kuliner khas Negara Timur Tengah.

Beras yang mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi, juga rendah akan kandungan glikemiks dan karbohidrat ini, cocok untuk dikonsumsi saat sedang diet.

6. Beras iar

Beras ini merupakan gandum utuh yang tinggi akan serat dan protein juga antioksidan. Mengandung bermacam vitamin dan mineral, seperti vitamin B, magnesium dan mangan. Dengan begitu, bisa menjadi salah satu beras pilihan untuk digunakan diet.

Itulah enam beras rendah kalori, dibanding nasi putih. Selain rendah kalori juga kayak akan gizi, sehingga bermanfaat untuk tubuh.

Selain dapat dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet, juga mampu membantu menjaga kesehatan tubuh. Selamat mencoba.

Sumber : https://prsoloraya.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-1113564292/6-macam-beras-rendah-kalori-cocok-untuk-diet-juga-bermanfaat-jaga-kesehatan-tubuh?page=all

Author: admin

Leave a Reply