5 Manfaat Beras Merah untuk Diet, Jadi Rahasia Penurunan Berat Badan

5 Manfaat Beras Merah untuk Diet, Jadi Rahasia Penurunan Berat Badan

  • Posted by: admin

Foto: Getty Images/iStockphoto/dontree_m

Beras merah terkenal sebagai jenis karbohidrat yang sering menjadi pengganti nasi putih untuk orang-orang yang sedang menjalani program diet. Dilansir dari Times of India, Bunda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, memang harus mempertimbangkan diet rendah karbohidrat ini.
Menurut para ahli, beras merah memiliki kandungan karbohidrat yang lebih sedikit, rendah kalori dan kaya dengan nutrisi penting. Oleh karena itu, ini adalah pengganti terbaik untuk nasi putih dan sangat bagus untuk menurunkan berat badan

Dilansir dari Healthline, 158 gram beras merah mengandung 3,5 gram serat. Sedangkan, beras putih mengandung serat kurang dari satu gram. Kandungan serat membantu Bunda kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga Bunda juga akan lebih sedikit mengonsumsi kalori.

Sebagai makanan andalan untuk Bunda yang sedang diet, beras merah memiliki beberapa manfaat yang membantu penurunan berat badan, lho. Dilansir dari Times of India, berikut adalah manfaat beras merah untuk diet. Simak selengkapnya di sini, yuk.

1. Mengandung anti inflamasi
Salah satu alasan terbaik mengapa Bunda harus mengonsumsi beras merah adalah karena memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya akan antioksidan. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimiliki dapat membantu dalam menangani berbagai penyakit kesehatan, termasuk asma dan radang sendi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, partisipan yang mengonsumsi beras merah mendapat dampak menguntungkan pada faktor risiko tertentu seperti kardiovaskular dan penurunan berat badan, lingkar pinggang dan pinggul.

2. Pembakaran lemak
Berikutnya, manfaat beras merah untuk diet adalah mampu membantu proses pembakaran lemak. Sebuah studi yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta menarik.

Temuan ini mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi makanan rendah kalori telah berhasil mengurangi lebih banyak lemak perut dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi biji-bijian olahan.

Beras merah sarat kaya dengan kandungan zat besi, potasium, vitamin, dan nutrisi penting lainnya. Bunda bisa saja merasa kenyang setelah makan semangkuk nasi merah dan memakannya sama sekali tidak menggemukkan. Wah, enak ya, Bunda? Bisa makan kenyang, tapi tidak perlu takut berat badan naik, nih.

3. Kaya serat
Sudah bukan menjadi rahasia, bahwa makanan berserat mudah dicerna. Kabar baiknya, beras merah adalah salah satu makanan yang diperkaya dengan jumlah serat lho, Bunda. Beras merah termasuk makanan yang mudah dicerna dan mudah membuat Bunda kenyang.
Dengan mengonsumsi beras merah, akan membantu dalam membersihkan dan memperlancar sistem pencernaan Bunda. Ketika sistem pencernaan lancar, kemungkinan Bunda juga akan berhasil mempertahankan berat badan yang tepat.

4. Mengandung selenium yang tinggi
Selenium adalah mineral yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Bunda dan beras merah mengandung mineral ini. Mineral Selenium menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti pilek dan flu. Untuk Bunda yang sedang dalam perjalanan penurunan berat badan, selenium adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh Bunda.

Dengan mengonsumsi beras merah, Bunda dapat membangun sistem kekebalan yang kuat dan dapat dengan mudah mencapai tujuan penurunan berat badan yang sehat.

5. Membuat tetap energik
Alasan lain untuk menambahkan beras merah ke dalam menu diet harian Bunda adalah, dengan mengonsumsinya dapat membantu Bunda tetap berenergi untuk durasi yang lebih lama.

Hal ini karena adanya kandungan mangan yang ada dalam beras merah membantu Bunda mendapatkan protein dan karbohidrat esensial, yang mengubah nutrisi makro ini menjadi energi.

Bunda akan tetap berenergi dan dapat dengan mudah membakar kalori ekstra, serta akan mampu mempertahankan berat badan yang sehat.

Sumber : https://www.haibunda.com/moms-life/20211203235800-76-261736/5-manfaat-beras-merah-untuk-diet-jadi-rahasia-penurunan-berat-badan/all

Author: admin

Leave a Reply