5 Manfaat Beras Cokelat yang Lebih Baik dari Beras Putih

5 Manfaat Beras Cokelat yang Lebih Baik dari Beras Putih

  • Posted by: admin

Manfaat beras cokelat. Foto: Getty Images/iStockphoto/igoriss

Jakarta- Beras cokelat kerap muncul dalam deretan makanan sehat yang harus dikonsumsi. Apa sebenarnya manfaat beras cokelat? Beras cokelat yang diolah menjadi nasi dapat lebih mempertahankan nutrisi di dalamnya dibanding nasi putih seperti vitamin, mineral dan antioksidan. Meskipun kandungan kalori dan karbohidrat sama tapi untuk gizi dan nutrisi yang terkandung nasi cokelat lebih unggul dibandingkan nasi putih.

Satu cup beras cokelat memiliki 216 kalori, 44 gram karbohidrat, 3,5 gram fiber, 1,8 gram fat, 5 gram protein, Thiamin (B1) 12% dari RDI, Niacin (B3) 15% dari RDI, Pyridoxine (B6) 14 % dari RDI, Prantothenic acid (B5) 6% dari RDI, Iron 5% dari RDI, Magnesium 21% dari RDI, Phiaphorus 16% dari RDI, Zinc 8% dari RDI, Copper 10% dari RDI, Manganese, 88% dari RDI dan Selenium 27% dari RDI.

Berikut manfaat beras cokelat bagi kesehatan

1. Melindungi Tubuh Dari Berbagai Penyakit
Biji-bijian juga merupakan sumber folat, riboflavin (B2), potasium, dan kalsium yang penting untuk tubuh guna perkembangan tulang, penyembuhan luka, metbolisme dan pengaturan darah.

Selain itu beras cokelat juga mengandung denok dan flavonoid yang dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif atau penyakit jantung, jenis kanker tertentu dan penuaan dini. Studi menunjukan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam beras cokelat mungkin menjadi alasan rendahnya prevalensi penyakit kronis tertentu.

2. Menurunkan Berat Badan
Mengganti beras putih menjadi beras merah dapat membantu menurunkan berat badan. Beras cokelat lebih memiliki serat dan nutrisi yang lengkap dibandingkan biji-bijian lainnya.

Dalam 158 gram beras cokelat mengandung 3,5 gram serat. Serat membantu kamu lebih kenyang dalam waktu yang lama sehingga mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Sebuah studi yang dilakukan kepada 74.000 wanita terungkap mereka yang mengonsumsi beras cokelat lebih memiliki berat badan yang rendah dibandingkan yang tidak mengonsuminya.

Juga wanita yang memiliki asupan serat tertinggi memiliki risiko 49% lebih lambat kenaikan berat badannya. Studi lainnya menyatakan dari 40 wanita yang mengonsumi beras cokelat selama enam minggu secara konsisten mengalami penurun berat badan yang signifikan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat beras cokelat adalah makanan yang menyehatkan jantung. Hal itu karena beras cokelat kaya akan serat dan senyawa yang bermanfaat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 560.000 orang menunjukan hasil bahwa 24-59% orang yang mengonsumsi beras cokelat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, kanker, dan penyakit pernapasan.

Selain sebagai sumber serat yang baik, beras cokelat juga mengandung senyawa yang disebut lignan. Senyawa tersebutlah yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes
Mengurangi asupan karbohidrat sangat penting untuk mengontrol gula darah. Penderita diabetes harus mengurangi gula darah dan lonjakan insulin dengan mengonsumsi lebih sedikit biji-bijian olahan seperti nasi putih.

Dalam penelitian terhadap orang yang mengidap diabetes tipe 2 dan mengonsumsi beras cokelat perharinya, mereka mengalami penurunan gula darah dan hemoglobin yang signifikan dibandingkan yang makan nasi putih.

Beras cokelat memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding nasi putih artinya beras dicerna lebih lambat dan kurang berdampak pada gula darah. Ini dapat membantu penderita diabetes mengendalikan gula darah mereka dengan lebih baik.

5. Bebas Gluten Secara Alami
Bagi kamu yang alergi terhadap gluten, mengonsumsi beras cokelat menjadi salah satu solusi alternatif. Selain itu orang yang memiliki penyakit autoimun tertentu sering mendapat manfaat yang bagus dari diet bebas gluten.

Secara alami beras cokelat bebas dari protein yang sering bermasalah ini. Tidak seperti makanan olahan bebas gluten lainnya beras cokelat adalah gandum utuh yang dikemas dengan nutrisi bermanfaat untuk tubuh agar berfungsi dengan baik.

Nah itu tadi manfaat beras cokelat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Pada dasarnya apapun cara kamu mengonsumsi beras cokelat untuk kesehatan adalah suatu pilihan yang bijak bagi kesehatanmu.

Sumber : https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-5141609/5-manfaat-beras-cokelat-yang-lebih-baik-dari-beras-putih

Author: admin

Leave a Reply