Bulog Akan Bikin Standardisasi Harga Beras

Bulog Akan Bikin Standardisasi Harga Beras

  • Posted by: admin

Ilustrasi. (Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Untuk menjaga stabilitasi harga beras, Bulog berencana membuat standardisasi harga secara seragam. Standarisasi harga tersebut berlaku untuk beras medium dan premium.

“Beras-beras Bulog, baik medium maupun premium, bisa menjadi acuan dan standar harga jual beras di pasaran,” ujar Kepala Perum Bulog Divisi Regional Jabar Benhur Ngkaimi.

Dijelaskan, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sejumlah strategi. Salah satunya dengan mematok harga jual beras lokal, baik yang medium maupun premium secara seragam. Dengan demikian, harga beras asal Cirebon yang dijual di Bandung tetap sama.

“Kami tidak bisa menetapkan harga jual melebihi HET (Harga Eceran Tertinggi) yang ditetapkan pemerintah. Untuk (beras) medium, HET beras itu Rp9.450/kg. Kami jual senilai Rp9.000/kg. Sedangkan beras premium, harga pemerintah senilai Rp12.800/kg. Nah, kami menetapkannya sebesar Rp12.000/kg,” ungkapnya.

Penyeragaman harga tersebut bisa menjadi acuan harga jual beras-beras lainnya di pasaran.

“Ini adalah langkah kami untuk menjaga ketahanan pangan dalam hal ini harga jual,” terangnya.

Soal ketersediaan beras, Benhur menjamin aman hingga awal tahun 2020. “Untuk stok beras, tidak perlu khawatir karena stok beras di gudang Bulog bisa mencukupi hingga awal 2020,” tegasnya.

Sumber : https://www.ayobandung.com/read/2019/05/31/53934/bulog-akan-bikin-standardisasi-harga-beras

Author: admin

Leave a Reply