13 Gapoktan Karawang Tandatangani Kesepakatan Pasok Beras ke Bulog

13 Gapoktan Karawang Tandatangani Kesepakatan Pasok Beras ke Bulog

  • Posted by: admin

Beritautama.net, BOGOR – Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) menggelar pertemuan dengan sejumlah Gapoktan LUPM Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Hal ini dilakukan, guna mendukung percepatan program serap beras dan gabah petani (Sergap), Maret – April 2019.

Kabid Program dan Evaluasi selaku LO Sergap PPMKP Widianto mengatakan pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari Rakor Sergap yang diselenggarakan BKP dan BPPSDMP Kementan dengan Bulog untuk percepatan Sergap dan pemantauan lapangan di Bandung.

“ PJ untuk Jabar adalah Kepala BPPSDMP dan PPMKP ditunjuk menjadi PJ Sub Divre Karawang , “katanya.

Kata dia, Bulog Subdivre Karawang yang terdiri dari Kabupaten Karawang, Kabupaten dan kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta ditargetkan dapat menyerap gabah atau beras petani sejumlah 459 ton /hari. Untuk memenuhi target tersebut, diperlukan langkah cepat berkoordinasi dengan Mitra atau Gapoktan agar dapat langsung diadakan penandatanganan kesepakatan.

“Ini adalah upaya yang sangat penting dilakukan, agar target serap gabah bisa tercapai, “ujarnya.

 

Sementara itu, salah seorang petani Dede Samsudin Ketua Gapoktan Sri Asih meminta kepada Bulog untuk tidak mempermasalahkan kadar air yang menjadi persyaratan beras dibeli oleh bulog. Karena di musim yang masih sering turun hujan petani sedikit mendapat kesulitan untuk mengerigkan gabah mencapai kadar air kurang dari 14%.

“Pada dasarnya kami petani siap menjual sebagian dari hasil panen kepada Bulog untuk membantu pemerintah dalam memenuhi cadangan beras pemerintah, “jelasnya.

Kepala Bulog Sub Divre Karawang Bahtera Pinem menyatakan kesiapannya menyerap gabah atau beras petani. Dirinya siap menyerap gabah petani setelah mempersiapkan pendanaan yang cukup dan mempermudah proses kemitraan dengan petani atau Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Karawang kemarin, menghasilkan kesepakatan 13 Gapoktan untuk menjual berasnya ke Bulog dan segera dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak.

Sumber: https://beritautama.net/news/13-gapoktan-karawang-tandatangani-kesepakatan-pasok-beras-ke-bulog/

Author: admin

Leave a Reply