Meski ada Banjir, Bulog Pastikan Distribusi Beras di Jatim Aman

Meski ada Banjir, Bulog Pastikan Distribusi Beras di Jatim Aman

  • Posted by: admin

Pekerja sedang memanggul beras dari gudang Bulog (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

JawaPos.com – Perum Bulog memastikan bahwa banjir yang terjadi di 15 kabupaten di Jawa Timur tidak mengganggu gudang penyimpanan beras. Sebagai langkah antisipasi, Bulog akan memindahkan stok beras dalam gudang di wilayah rawan banjir ke area yang lebih aman.

”Stok beras Bulog secara nasional lebih dari 1,8 juta ton. Gudang-gudang Bulog di seluruh Indonesia siap menyalurkan stok tersebut bila sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujar Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Tri Wahyudi Saleh, Minggu (10/3).

Saat ini cadangan beras pemerintah (CBP) di Bulog Jawa Timur sekitar 500 ribu ton. Menurut dia, angka tersebut aman untuk ketahanan pangan beberapa bulan ke depan. Karena itu, tidak perlu ada kekhawatiran. Beras tersebut siap disalurkan sebagai bantuan bagi masyarakat yang wilayahnya terkena dampak banjir.

Bulog juga memastikan gudang di daerah Madiun dan sekitarnya dalam kondisi aman. Pengecekan gudang dilakukan di seluruh wilayah kerja Bulog Jatim untuk memastikan agar beras yang tersimpan tetap aman dari banjir. ”Bila ada gudang yang berada dalam area rawan banjir, stok beras akan dipindahkan ke gudang yang lain,” tuturnya.

Tri menambahkan, telah disiapkan CBP minimal 200 ton untuk setiap provinsi dan 100 ton untuk setiap kabupaten dan kota guna memenuhi kebutuhan tanggap darurat seperti bencana alam dan rawan pangan. Hingga saat ini, 2.500 kg CBP Bencal yang telah disalurkan untuk korban terdampak banjir di Madiun sesuai dengan permintaan dari Dinas Sosial Jatim. Bulog juga memberikan bantuan berupa 100 paket sembako.

Sumber: https://www.jawapos.com/ekonomi/11/03/2019/meski-ada-banjir-bulog-pastikan-distribusi-beras-di-jatim-aman

Author: admin

Leave a Reply