5 Cara Kenali Ciri Beras Plastik dan Beras Asli

  • Posted by: admin

Ilustrasi (Foto: Boldsky)

ANDA pasti pernah mendengar istilah beras plastik di berita. Nasi dari beras plastik ini sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Plastik mengandung phthalate, bahan kimia yang bisa mempengaruhi hormon dan menghambat fungsi reproduksi. Karena itu, jika sampai mengonsumsi nasi dari beras plastik akan sangat berbahaya.

Sayangnya, Anda tidak akan bisa tahu beras tersebut terbuat dari plastik hanya dengan melihatnya. Rupanya seperti nasi yang biasa kita makan sehari-hari. Tapi, berikut beberapa tipsnya yang bisa membantu mengetahui ciri-ciri beras plastik seperti dilansir dari Boldsky:

1. Ambil satu sendok makan beras dan bakar dengan korek api. Jika baunya seperti ketika Anda membakar plastik, maka beras tersebut mengandung plastik!

2. Panaskan satu sendok teh minyak dalam wajan dan cobalah menggoreng beras. Beras plastik mulai mencair dan membentuk lapisan di permukaan wajan.

3. Ambil satu sendok teh beras dan tambahkan ke segelas air dan aduk. Jika ada beras plastik bercampur di dalamnya, maka akan mengambang di permukaan air. Beras mentah asli tidak akan mengambang, akan tetap di bagian dasar.

4. Rebus sengenggam beras. Setelah beberapa saat, lihatlah nasi mendidih. Apakah Anda melihat lapisan tebal terbentuk di atas wadah? Bisa jadi karena plastiknya.

5. Cara lain untuk menentukan apakah beras asli atau palsu adalah dengan merebusnya selama 2 hari. Jika Anda tidak melihat jamur di atasnya, maka bisa jadi karena mengandung plastik. Beras plastik tidak membusuk!

(hel)

Sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2017/06/06/481/1709069/5-cara-kenali-ciri-beras-plastik-dan-beras-asli

Author: admin

Leave a Reply